Pantai Pink Bima Nihil Toilet

Mataram (Suara NTB) – Saat ini masing-masing daerah berlomba-lomba untuk melangkapi fasilitas destinasi wisata. Sehingga memberikan kepastian tentang kenyamanan wisatawan yang berkunjung. Salah satunya keberadaan toilet yang dianggap sangat penting. Tidak saja harus ada, namun juga harus bersih. Sehingga layak untuk digunakan oleh pengunjung.

Namun di salah satu destinasi prioritas di Kabupaten Bima, yaitu Pantai Pink Bima belum dibangun fasilitas toilet. Alasannya, karena akses air menuju kawasan itu terbilang sulit.

“Tidak ada toilet itu memang sangat mengganggu kenyamanan. Jadi tidak bisa berlama-lama di sana. Kalau ingin buang air otomatis kita harus pulang,” kata Muhammad Nur Irmansyah yang sepekan lalu berkunjung ke Pantai Pink Bima.

Baca juga:  Labuan Jambu Teluk Saleh, Titik Labuh Baru yang Membuat Yachter Terkesan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima  H. Abdul Muis mengakui kalau di Pantai Pink Bima memang belum ada fasilitas toilet. Pemkab Bima berencana akan melengkapi fasilitas itu tahun depan. Tahun ini tidak dapat dibangun karena keterbatasan anggaran. Sementara itu, pihaknya telah melengkapi fasilitas berupa tempat beristirahat dan akses jalan yang sudah diperbaiki.

“Pantai Pink Bima saat ini menjadi salah satu destinasi prioritas di Bima. Tapi memang belum ada toiletnya. Kita akan mengupayakan sesegera mungkin untuk melengkapi fasilitas itu, mungkin tahun depan,” ujarnya.

Selain karena keterbatasan anggaran, pihaknya juga melihat perlu diatur tentang ketersediaan air bersih menuju toilet. Sebab di kawasan ini terbilang susah air bersih. Sehingga pihaknya perlu membuat rancangan tertentu sehingga toilet yang dibangun nantinya tetap dialiri air.

Baca juga:  Pascagempa, Sektor Pariwisata Perlihatkan Kemajuan Positif

“Disana memang susah air. Itu yang akan kita upayakan, karena tidak bisa hanya bangun toilet tanpa berpikir airnya datang darimana,” ujarnya.

Abdul Muis berharap ke depan akan semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu, ia juga berharap pembangunan fasilitas di Pantai Pink Bima dapat dilakukan segera. Sehingga wisatawan dapat menikmati waktu berliburnya dengan nyaman.

“Kenyamanan wisatawan itu memang menjadi prioritas. Itulah sebabnya saat ini sudah dilakukan penataan secara bertahap. Semoga semua fasilitas dapat dibangun segera,” harapnya. (lin)