Pantai Serangan, Indah Namun Sulit Dijangkau

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah seperti destinasi yang tidak ada habisnya. Mandalika dengan garis pantainya yang panjang dan desa adat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ternyata belum cukup. Sebab banyak destinasi lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Serangan.

Pantai berpasir putih ini memiliki panorama yang indah. Hanya saja, akses menuju pantai di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah ini terbilang cukup sulit dan memacu adrenalin.

Bagi wisatawan yang berniat untuk melihat dari dekat keindahan Pantai Serangan, harus bersiap untuk menghadapi terjalnya jalan menuju pantai ini. Jalanan kecil yang berdebu dan dengan kelokan tajam. Tidak hanya itu, beberapa ruas jalan tak beraspal dengan kondisi menurun juga perlu diantisipasi.

Pastikan juga mesin kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat perjalanan. Terlebih jalan yang dilalui menuju pantai ini rusak parah.

Baca juga:  NTB Care tampung 18 Pengaduan, Infrastruktur dan Fasum Objek Wisata Dikeluhkan

“Saya berharap jalannya segera diperbaiki, karena pantai ini sangat indah,” kata wisatawan asal Kota Mataram Musfariawan kepada Suara NTB, di Mataram, Senin, 25 September 2017.

Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar setelah melihat Pantai Serangan yang indah. Pasirnya yang putih dengan tekstur serupa biji merica seperti di Pantai Tanjung Aan. Garis pantainya panjang dengan ombak tidak terlalu besar. Di pantai ini juga ada sebuah resort bernama Umbak Segare. Sehingga bisa menjadi pilihan tempat menginap saat berlibur ke destinasi ini.

“Sayangnya di sana tidak ada fasilitasnya. Jadi harus numpang kalau mau ke toilet,” ujarnya.

Wisatawan dapat menempuh perjalanan selama 2 jam dari Kota Mataram menuju pantai ini. Wisatawan direkomendasikan menggunakan kendaraan roda dua. Sebab akses ke pantai ini jauh lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua daripada menggunakan kendaraan roda empat.

Baca juga:  Dikeluhkan, Ruas Jalan Kawasan Wisata Senggigi Gelap Gulita

“Kalau pakai mobil, saya rasa akan sedikit susah. Karena di beberapa ruas jalan itu kecil, susah kalau mengendarai mobil. Jadi lebih baik pakai motor,” sarannya.

Lokasinya yang jauh dengan akses jalan yang tidak bagus membuat destinasi ini minim pengunjung. Namun ini menjadi sensasi tersendiri bagi sebagian wisatawan. Kendati dengan harapan akses menuju pantai ini dapat diperbaiki dan bisa menjadi salah satu destinasi prioritas seperti pantai lain di dekatnya.

“Kalau jalannya bagus kan banyak yang datang. Karena di sana juga ada warga. Bagus untuk meningkatkan perekonomian mereka,” ujarnya. (lin)