Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tiket Masuk Pantai Pink

0

Mataram (Suara NTB) – Pantai Tangsi atau biasa disebut Pantai Pink semakin banyak diketahui wisatawan. Pantai yang sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal sejak 2010 ini semakin menunjukkan pesonanya. Menjadi salah satu pantai dengan pasir berwarna pink di Indonesia menjadikan pantai ini salah satu yang masuk dalam daftar khusus kunjungan wisatawan. Namun tidak sedikit dari wisatawan yang mengeluhkan mahalnya biaya masuk pantai ini.

“Lumayan mahal kalau dibandingkan dengan fasilitas yang disiapkan. Untuk wisatawan lokal itu Rp 10 ribu dan wisatawan mancanegara itu Rp 50 ribu. Kalau ada wisatawan lokal yang sedang liburan keluarga itu 10 orang saja sudah Rp 100 ribu, mahal,” kata wisatawasan asal Kota Mataram Indra Kusuma Wijaya.

Ia menyayangkan mahalnya tiket masuk itu meskipun pengelola berpatokan pada peraturan daerah. Ia berharap tiket masuk ke Pantai Pink ini bisa lebih murah. Sebab akses menuju kesana pun sudah jauh dan membutuhkan biaya yang banyak.

“Kita sudah keluarkan banyak biaya kesana karena lokasinya jauh. Ditambah lagi harus bayar tiket masuk mahal sekali. Saya pikir harus diatur ulang soal tarif masuk ini,” ujarnya.

Pada tahun 2014 tarid masuk masih Rp 5 ribu per motor. Sehingga wisatawan merasa itu masih murah dan sewajarnya. Namun saat ini tarifnya naik berkali-kali lipat yang berujung pada keluhan wisatawan. Pemda Lombok Timur diharapkan dapat mengambil sikap untuk mengatasi persoalan ini.

“Saya pikir harus ada ketegasan dari Pemda. Karena kalau begini, wisatawan  nggak mau datang lagi. Karena tarif masuknya mahal dan fasilitasnya tidak memadai,” harapnya.

Pantai Pink terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink. Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai ini. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika bermain disana. (lin)