Kenawa dan Paserang, Wisata Komplet di KSB

Mataram (Suara NTB) – Tidak sedikit dari wisatawan yang berasal dari berbagai daerah berkunjung ke KSB untuk menikmati keindahan Pulau Kenawa. Siapa sangka, tidak jauh dari pulau ini terdapat pulau yang indah dengan bawah laut yang menakjubkan. Ialah Pulau Paserang yang belakangan semakin banyak dikunjungi wisatawan. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadikan destinasi ini sebagai salah satu destinasi wisata prioritas selain Mantar.

“Tidak lengkap rasanya ke Pulau Kenawa tanpa berkunjung ke Pulau Paserang. Kenawa itu savananya yang indah, kalau Paserang itu bawah lautnya yang indah. Jadi komplet kalau berkunjung ke dua tempat ini,” kata wisatawan asal Kota Mataram, Muhammad Iqbal kepada Suara NTB, Selasa (19/8).

Pulau Kenawa dan Pulau Paserang berada berdekatan. Hanya membutuhkan waktu 10 menit menggunakan perahu dari Pulau Kenawa menuju Pulau Paserang. Wisatawan juga akan melihat beberapa nelayan tengah menangkap ikan saat berlayar menuju Pulau Paserang. Bukan itu saja, diantara pulau ini terdapat laguna yang menjadi daya tarik wisatawan.

Baca juga:  Omzet Besar, Retribusi Cidomo di Tiga  Gili Masih Minim

“Kemarin itu ditunjukin sama nelayan yang mengantar kami, kalau di sebalah utara ada laguna. Saya pikir itu menarik, karena sangat jarang ada laguna di tengah laut,” ujarnya.

Tidak jauh berbeda dengan suasana di Pulau Kenawa yang identik dengan savana dan bukit-bukit kecilnya. Pengunjung tidak perlu khawatir, sebab berbagai fasilitas untuk kebutuhan wisatawan sudah dibangun oleh Pemda. Wisatawan juga dapat mendirikan tenda untuk bermalam. Karena di Pulau Kenawa tidak disediakan penginapan. Apalagi pulau ini bukan pulau berpenghuni, jadi sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat berkemah bersama kerabat.

Saat sampai di pulau Paserang, pengunjung akan disambut oleh hamparan pasir putih. Saat perahu bersandar, hal pertama yang ingin dilakukan adalah snorkeling. Namun ada yang lebih menarik, yaitu pengunjung menelusuri pemandangan dari Bukit Paserang yang sungguh indah. Pengunjung tidak perlu khawatir, untuk mendaki bukit itu tidaklah susah. Sebab jalannya sudah bagus, sehingga tidak susah didaki.

Baca juga:  Sampah Kiriman Dikeluhkan Wisatawan Gili Gede

Dari atas bukit pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar bisa indah. Hamparan lautan yang indah, bukit-bukit kecil yang cantik dan pulau-pulau kecil yang sangat menawan.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga dapat bermain dengan ikan-ikan kecil, penyu dan lainnya saat melakukan snorkling. Tidak perlu jauh dari bibir pantai, di tepi pantai pun pengunjung sudah menemukan pemandangan bawah laut yang sangat cantik.

Jangan pernah lupa dengan kamera underwater, serta alat snorkle lengkap dengan fins dan maskernya jika tidak ingin melewatkan keindahan terumbu karang dan cantiknya ragam biota laut Pulau Paserang. (lin)