Kunjungan Wisatawan Muslim Capai 20 Persen

Mataram (Suara NTB) – Setelah mendeklarasikan diri sebagai destinasi wisata halal, pemda NTB semakin gencar melakukan promosi untuk menggaet lebih banyak wisatawan muslim. Selama tahun 2016, jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke NTB mencapai enam ribu orang atau sekitar 20 persen. Tahun ini Dinas Pariwisata NTB menargetkan jumlah kunjungan muslim bisa semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jumlah wisatawan muslim ke NTB itu sebanyak 20 persen dari total kunjungan tiga juta wisatawan. Tahun ini trennya meningkat, kita lihat di Islamic Center itu banyak wisatawan muslim yang berkunjung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H.L.Moh.Faozal,S.Sos.,M.Si, di Mataram, Jumat, 19 Mei 2017.

Ia mengatakan bahwa target kunjungan wisatawan muslim tahun ini meningkat, mengingat adanya event Festival Pesona Khazanah Ramadan. Ia mengatakan, selama Ramadan akan menggaet wisatawan muslim dengan berbagai aktivitas event yang akan diselenggarakan.

“Kita ingin wisatawan muslim itu merasakan suasana Ramadan seperti di Madinah. Jadi wisatawan muslim itu bisa merasakan suasana Ramadan yang berbeda dari biasanya. Kita hadirkan pula imam-imam besar dari Timur Tengah,” ujarnya.

Target untuk mendatangkan wisatawan muslim ini berkaitan dengan wisata halal yang sudah disandang oleh NTB. Pasalnya selama ini, wisata konvensional masih lebih diminati dibandingkan wisata halal. Terbukti dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan tiga gili yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

“Kita ingin Islamic Center ini sebagai ikon wisata halal di NTB. Jadi kita pusatkan semua acara dan kegiatan disana. Kita ingin wisatawan menikmati suasana IC selama Ramadan,” ucapnya.

Kunjungan wisatawan muslim ini diharapkan mampu menambah target kunjungan 3,5 juta wisatawan ke NTB. Sebab pergerakan wisatawan muslim di seluruh dunia semakin meningkat. Faozal berharap kesempatan ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk mendatangkan sebanyak-banyaknya wisatawan. Sehingga wisata halal dan wisata konvensional di NTB dapat seimbang.

“Semoga wisatawan muslim semakin banyak yang berkunjung. Karena NTB punya banyak destinasi halal yang dapat dikunjungi. Terlebih dengan adanya ikon baru, yaitu Islamic Ceter,” tandasnya. (lin)