Kunjungan Wisatawan Asal Tiongkok Meningkat

Mataram (Suara NTB) – Wisatawan asal Tiongkok semakin senang berkunjung ke NTB. Pasalnya jenis wisata yang diinginkan sangat cocok dengan yang dimiliki NTB. Misalnya pantai, air terjun bahkan gunung. Hal ini menjadi nilai lebih bagi NTB untuk semakin banyak menggaet wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung.

“Memang sejauh ini trennya bagus. Semakin banyak yang datang. Tentu saja kita berharap akan semakin banyak lagi yang datang berkunjung,” kata Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Provinsi NTB H.Afan Ahmad, M.Si kepada Suara NTB, di Mataram, Jumat, 7 April 2017.

Selama ini banyak wisatawan asal Tiongkok yang datang melalui Provinsi Bali. Sebab terdapat penerbangan langsung dari Tiongkok menuju Bali. Provinsi NTB saat ini dikabarkan tengah mengupayakan untuk bisa melakukan penerbangan langsung dari Tiongkok menuju Lombok. Sehingga akan mempermudah akses wisatawan Tiongkok untuk berkunjung ke NTB.

Pariwisata NTB semakin populer bagi wisatawan asal Tiongkok selama tiga tahun terakhir. Hingga saat ini terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok. Hal ini juga disampaikan oleh beberpaa pelaku pariwisata yang kerapkali melayani wisatawan Tiongkok yang datang berkunjung.

“Memang tidak sebanyak wisatawan Eropa tetapi jumlahnya saat ini semakin bertambah. Saya pikir NTB sudah menjadi salah satu destinasi yang menjadi list wisatawan asal Tiongkok,” kata pelaku pariwisata asal Kota Mataram Bing Hamidy.

Kesmpatan ini harus dimanfaatkan oleh Pemda NTB untuk memperkuat akses. Sehingga wisatawan asal Tiongkok tidak perlu lagi singgah di Bali ketika ingin berkunjung ke NTB. Sebab hal itu bisa memakan waktu dan tenaga. Kobektivitas dari Negara atau daerah yang potensial perlu untuk ditingkatkan dan dijaga. Dengan demikian wisatawan menjadi lebih nyaman selama di perjalanan hingga sampai di NTB.

“Kita terus melakukan promosi pariwisata, sehingga wisatawan asal Tiongkok bisa semakin banyak yang datang. Sejauh ini memang perkembangannya sudah cukup bagus, hanya perlu untuk dimaksimalkan agar semakin banyak lagi yang datang,” harapnya. (lin)