Bima akan Jadikan Pariwisata Senjata Perangi Konflik

0

Mataram (suarantb.com) – Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri menyatakan Bima akan mulai menggeliatkan potensi wisata di daerahnya. Terutama dalam rangka menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk mengurangi konflik yang kerap terjadi di masyarakat.

“Lewat promosi pariwisata ini kita bisa lebih menciptakan lapangan kerja. Dengan terciptanya lapangan kerja, maka potensi konflik bisa dikurangi,” jelasnya saat ditemui dalam acara Rapat Kerja Dinas Pariwisata NTB, Selasa, 24 Januari 2017.

Menurut Indah, sejumlah konflik yang sering terjadi di Bima terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia. “Kita membaca konflik terjadi karena kurangnya lapangan kerja. Tenaga yang setiap tahun tercetak tapi ilmunya tidak bisa ditransfer. Kita harapkan dengan adanya pariwisata ini membuka lapangan kerja. Sehingga sedikit demi sedikit bisa mengurangi masalah konflik ini,” paparnya.

Selain itu, Indah mengaku dalam visi misinya sebagai Bupati. Potensi pariwisata menjadi salah satu sektor yang akan dikembangkan. Melihat dari kondisi potensi Bima yang diapit oleh destinasi seperti Pulau Lombok dan Komodo.

Untuk mulai mengembangkan pariwisata Bima, direncanakan akan segera dilakukan pemetaan untuk destinasi yang menjadi fokus pengembangan. Termasuk melakukan perbaikan infrastruktur di daerah tersebut.

Disinggung mengenai pengembangan pariwisata Bima yang jauh tertinggal dari Lombok, Indah mengaku pengembangan pariwisata di Bima baru mulai dilakukan pada saat sekarang.

“Saat pemerintahan kami ini baru menggeliat pembangunan potensi pariwisata di Bima,” ungkapnya.

Pada para investor yang tertarik melakukan investasi di Bima, Indah menjanjikan rasa aman dan nyaman.

“Siapa pun yang ingin berinvestasi di daerah kami. Dimana daerah kami sering terjadi konflik. Tapi kami selalu menjamin memberikan rasa aman dan nyaman bagi yang berinvestasi,” tambahnya. (ros)