Air Terjun Burung Walet Lotim, Si Cantik yang Bersembunyi di Antara Bebatuan

Selong (suarantb.com) – Salah satu destinasi wisata baru kembali ditemukan. Kali ini berada di Desa Tetebatu Lombok Timur (Lotim). Destinasi wisata berupa air terjun ini dinamakan air terjun Burung Walet.

Air terjun Burung Walet baru familiar di tengah masyarakat Lotim sekitar satu tahun yang lalu. Pengunjungnya kebanyakan wisatawan asing yang menginap di setiap bungalow yang ada di Tetebatu.
Ari, seorang pemandu wisata salah satu hotel di Tetebatu, mengatakan air terjun yang tingginya sekitar lima meter tersebut baru familiar sekitar satu tahun yang lalu, tepatnya tahun 2015. Hingga saat ini tidak begitu banyak masyarakat mengetahui keberadaan air terjun tersebut.

“Sebenarnya ini (air terjun) baru 2015 yang lalu dikenal masyarakat. Soalnya infrastruktur jalan menuju ke sini tidak ada,” tutur remaja berusia 16 tahun ini dengan menggunakan bahasa Sasak, Senin 12 September 2016.

Penamaan air terjun dengan nama burung walet diberikan masyarakat setempat, pasalnya di sekitar air terjun terdapat sarang burung walet. Namun sayangnya, lokasi parkir mobil berada cukup jauh dengan lokasi wisata baru ini, dikarenakan jalannya hanya dapat dilalui sepeda motor. Lokasi parkir sepeda motor pun berada di rumah warga, yang tentunya jaminan keamanan menjadi prioritas.

Air Terjun Burung Walet 3

Perjalanan menuju air terjun Burung Walet Tetebatu Lombok Timur, Senin 12 September 2016

Pengunjung akan menempuh sekitar 100 meter perjalanan menuju lokasi air terjun. Ketika sampai di lokasi, pengunjung akan melalui aliran sungai di antara tebing bebatuan.

Di setiap tebing, pengunjung dimanjakan dengan tetesan air yang berjatuhan seakan berada di dalam sebuah gua. Pengunjung akan melewati bebatuan besar di sekitar lokasi. Namun, gemericik bunyi air terjun telah dapat terdengar dari kejauhan.

Sampai di lokasi, pengunjung akan terpuaskan dengan air terjun mini yang membentuk suatu kolam di bawahnya. Seakan berada di dalam sebuah gua, pengunjung akan terhipnotis dengan suasana yang ada di lokasi. Ditambah lagi suara burung walet di atasnya memanjakan telinga.

Inilah si cantik yang bersembunyi di antara bebatuan. Air terjun Burung Walet dapat menjadi target berwisata. Walaupun lokasinya di antara bebatuan besar, namun suasana alaminya sangat menyegarkan.

Air Terjun Burung Walet 2

Perjalanan menuju air terjun Burung Walet Tetebatu Lombok Timur, Senin 12 September 2016

Air terjun ini berbaur dengan pemandangan sawah yang menakjubkan. Bahkan, wisatawan asing yang berkunjung ke Tetebatu, tidak akan absen untuk mengunjungi air terjun ini. Kesan cantiknya berada di antara bebatuan yang menjulang tinggi sekitar lima meter. Menuju lokasi seakan melewati sebuah pintu dari bebatuan, yang akan terbayar puas ketika sampai di lokasi tersebut. (szr)