Pantai Batu Selayar, Pantainya Para Petualang

0

Praya (Suara NTB) – Mungkin nama pantai ini masih sangat asing bagi para wisatawan baik lokal, domestik hingga mancanegara. Pasalnya, pantai ini terletak di balik Gunung Prabu, Desa Prabu Kecamatan Pujut Lombok  Tengah (Loteng). Pantai ini lebih banyak yang memanggilnya dengan nama Pantai Batu Selayar.

Pantai Batu Selayar masih sangat jarang dikunjungi dan diketahui banyak orang. Banyak spot-spot menarik yang dapat menghilangkan penat di pantai ini. Pantai Batu Selayar terletak di balik Gunung Prabu daerah Kuta, Lombok Tengah. Jaraknya dari pusat Kota Mataram sekitar 65 – 70 km dan dapat  ditempuh selama 1,5 – 2 jam.

Akses jalan menuju Pantai Batu Selayar ini  hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Para wisatawan sebenarnya dapat juga menggunakan kendaraan roda empat. Namun, kendaraan tak dapat dibawa sampai ke lokasi terdekat pantai ini karena medan yang cukup berat dan menantang. Pengunjung bahkan harus naik turun bukit dengan kemiringan sampai 45 derajat.

Para wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Batu Selayar ini menganggap pantai ini sangat direkomendasikan bagi para petualang. “Pantai ini  cocok buat petualang. Kalau yang gak  biasa naik turun bukit gak usah dicoba.  Nanti di tengah jalan minta pulang,” kata salah satu pengunjung asal Desa Batujai Kecamatan Praya Barat Loteng, Luluk kepada Suara NTB, saat berkunjung ke Pantai Batu Selayar, belum lama ini.

Pantai Batu Selayar  terletak di bawah bukit dan didominasi oleh bebatuan raksasa. Garis pantainya tidak terlalu panjang dan dihiasi dengan pasir berwarna putih. Ombak di pantai ini cukup besar dan tinggi.  Sehingga untuk berenang di pantai ini cukup berbahaya  kecuali saat air pantai sedang surut.

Luluk mengatakan, Pantai Batu Selayar mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya. Ia menyebutkan, ada dua batu besar yang menjadi ciri pantai ini. Pantai ini mirip dengan Pantai Batu Payung yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Loteng. Namun di pantai Selayar ini, terdapat dua batu payung yang menjadi sensasi tersendiri bagi para pengunjung maupun wisatawan yang berkunjung. (nas)