Diungguli Malaysia, Disbudpar Optimis Sembalun Menang di WHTA

Mataram (suarantb.com) – Tinggal lima hari lagi kesempatan masyarakat Indonesia, khususnya NTB untuk memberikan vote dalam ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016. Hasil voting putaran pertama yang dilansir dalam situs rebuplika.co.id, dalam kategori World’s Best Halal Honeymoon Destination, Desa Sembalun Lombok Timur mendapatkan hasil voting lebih rendah dari Malaysia.

Kendati demikian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB, Lalu Mohammad Faozal yang dikonfirmasi suarantb.com mengaku optimis Sembalun akan menang.

“Kita tetap optimislah, saya juga belum dengar kabar Malaysia menang,” ucapnya, Sabtu, 19 November 2016.

Baca juga:  Dekranasda Dorong NTB Jadi Pusat Busana Muslim Nasional

Pada ajang WHTA 2015, Lombok telah berhasil meraih posisi pertama dalam kategori Wisata Halal Terbaik dan Destinasi Bulan Madu  Halal Dunia Terbaik. Dan tahun ini, Lombok hanya berhasil masuk sebagai nominasi WHTA 2016

dalam kategori kedua diwakili Sembalun.

Untuk memenangkan Lombok, Gubernur NTB juga telah menginstruksikan pada semua kepala SKPD agar seluruh karyawan beserta keluarganya diminta memberikan suara. Namun, belum diketahui apakah instruksi tersebut sudah dijalankan atau belum.

Selain pemenangan Lombok, Disbudpar NTB juga tengah fokus memenuhi target 3 juta wisatawan yang ditargetkan tahun ini. “Sekarang kita sudah sampai angka 2,8 juta. Kita masih punya waktu weekend dan lain-lain juga akhir tahun untuk penuhi target,” tuturnya.

Baca juga:  Dekranasda Dorong NTB Jadi Pusat Busana Muslim Nasional

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi NTB, tingkat hunian hotel hanya mencapai 40 persen. Disinggung mengenai hunian hotel di NTB yang masih rendah, Faozal membantah. Menurutnya, tingkat hunian hotel sudah mencapai 75 persen.

“Apanya yang rendah, occupancy hotelnya 75 persen. Kita optimis saja target 3 juta tercapai,” tegasnya. (ros)