Rocktober, Semangat Mengembalikan Geliat Musik Rock di NTB

Selong (suarantb.com) – Melalui acara yang bertajuk Rocktober, beberapa pegiat musik rock di Lombok Timur (Lotim) mencoba menghidupkan kembali geliat musik yang indentik dengan nada-nada keras penuh distorsi tersebut.

Semakin sepinya kegiatan yang mengakomodir musik bergenre keras tersebut di NTB membuat sekelompok pemuda yang ada di Kecamatan Sakra Lotim menyelenggarakan kegiatan bertema Rocktober. Rocktober merupakan parade atau kegiatan musik yang diisi oleh musisi-musisi lokal NTB yang beraliran musik rock dan diadakan pada bulan Oktober.

Event Rocktober sendiri merupakan kegiatan tahunan yang awalnya diinisiasi oleh Lombok Timur Musik Community (LTMC) dimulai dari 2014 silam. namun seiring waktu, komunitas LTMC tersebut kemudian vakum. Untuk menjaga agar event Rocktober terus berlanjut, pihaknya lantas memutuskan bekerja sama dengan pemuda Sakra Lotim tanpa mengubah tema besar kegiatan.

Kepada suarantb.com, Ketua panitia kegiatan Rocktober, Oyok menyampaikan, dengan adanya event Rocktober pihaknya berharap Lombok kedepannya bisa mengambil bagian pada kegiatan-kegiatan musik rock skala nasional.

“Ini kita harapkan kedepannya agar Lombok bisa ikut festival rock nasional lah. Kalau bisa temen-teman bisa tampil di ajang-ajang nasional lah, karena selama ini kita tertinggal pada event-event nasional. Kalau bisa kita jadi macan musik rock NTB,” ujarnya, Jumat, 28 Oktober 2016.

Selain sebagai wadah merawat semangat musi rock, kegiatan Rokctober yang bertepatan dengan peringatan sumpah pemuda diharapkan menjadi pelecut semangat anak muda untuk lebih bergairah dalam merealisasikan harapan dan cita-citanya. Bagaimanapun juga, semangat musik rock yang dekat dengan keberanian dan kejantanan diharapkan menyatu dengan semangat para pemuda pemberani yang mendeklarasikan sumpah pemuda dulu.

“Rocktober sebenarnya ajang musik rock di bulan oktober gitu. Tapi sekarang dikaitkan dengan sumpah pemuda. Karena kita tahu musik rock kan semangatnya anak muda lah, pemberani,” katanya.

Adapun peserta yang menjadi bagian dari event Rocktober sendiri, lanjut Oyok tidak hanya terdiri dari musisi rock yang ada di Kabupaten Lotim, tetapi juga melibatkan para musisi dari luar Lotim seperti Lombok Barat dan Kota Mataram. “Pesertanya sama malah gaungnya lebih, kalau sebelumnya ajang silaturahmi musik rock Lombok Timur, sekarang dari Mataram, Gunung Sari juga ada,” katanya.

Selain menyajikan pertunjukan musik rock, event Rocktober nantinya akan diawali dengan kegiatan bersih-bersih kampung. Dimana panitia mengajak warga masyarakat sekitar Sakra untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. “Kita besok juga akan ada besih-bersih dari pagi sampai jam 12 siang, baru dilanjutkan dengan pertunjukan musik,” tandasnya.

Untuk diketahui, Event Rocktober akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2016 berlokasi di Kecamatan Sakra Kabupaten Lotim. (ast)