Pentas Seni Religi ‘’Bukti’’ Lombok Destinasi Wisata Halal

Mataram (suarantb.com) – Dengan niat untuk membuktikan bahwa predikat Wisata Halal yang disandang Lombok bukan hanya predikat semata. Disbudpar Provinsi NTB menyelenggarakan acara Pentas Seni Religi, yang berlangsung dari tanggal 6-8 September 2016.

“Acara ini kami buat untuk membuktikan bahwa Lombok itu benar-benar sesuai dengan predikat Wisata Halal. Kita punya banyak destinasi wisata dan kesenian religi yang bisa ditunjukkan pada wisatawan,” jelas Kadisbudpar Provinsi NTB, L. Moh. Faozal.

Menurut Faozal, Pentas Seni Religi ini dilaksanakan di halaman Islamic Centre (IC) Mataram, karena IC merupakan salah satu destinasi wisata religi di Lombok. “Disini kita punya IC yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Acaranya diselenggarakan disini, tujuannya untuk mengangkat nama IC juga,” ujarnya.

Baca juga:  Dukung Wisata Halal, Pemerintah akan Terbitkan Perpres Pengembangan Pariwisata Pulau Lombok

Selain itu, Pentas Seni Religi ini juga ingin menunjukkan bahwa Lombok kaya dengan kesenian Islami. Diantaranya seperti, kesenian musik Marawis, Hadrah, dan tarian Saman yang merupakan tarian warisan budaya Islam.

“Kesenian Islami inilah yang ingin kami angkat, sehingga unsur Islami di Lombok ini semakin terangkat. Sehingga dikenal banyak orang,” tambahnya.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini akan menampilkan 18 grup penyaji. Mulai dari grup kesenian Islami hingga penampilan Modeshow busana muslimah yang ditampilkan oleh Komunitas Hijabers.

Baca juga:  KH. Ma’ruf Amin : Soal Wisata Halal, Lombok Jadi Rujukan

Salah satu ponpes yang turut memeriahkan acara Pentas Seni Religi ini adalah Ponpes Nurul Islam Sekarbela. Ponpes ini menampilkan dua kesenian, yakni musik Marawis dan tari Saman.

Penampilan dari Ponpes Nurul Islam ini menarik perhatian penonton yang hadir. Kostum warna-warni tim Marawis dan suara penyanyi yang merdu melantunkan shalawat diiringi rebana membius penonton. Pertunjukkan tari Saman juga mendapat sambutan meriah dari penonton.

Sempatkanlah berkunjung ke Islamic Centre untuk menyaksikan Pentas Seni Religi, tanggal 6-8 September 2016. Disini kita bisa mengenal kesenian-kesenian Islami yang banyak terdapat di Lombok, yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya. (ros)