Ada Gamelan di Festival Jazz Internasional

Giri Menang (suarantb.com) – Festival jazz internasional yang digelar di Pantai Senggigi, Sabtu, 20 Agustus 2016 diwarnai oleh hadirnya musik tradisional. Musik tradisional gamelan yang dibawakan para pemusik asal sanggar seni Bebadosan, Desa Lenek, Lombok Timur ini dimainkan di awal acara sebagai pembuka festival.

Hadirnya musik tradisional dalam acara Music World tersebut tentu saja merupakan bentuk kontribusi kesenian tradisional NTB dalam dunia musik internasional. Meskipun acara festival Jazz merupakan gelaran seni musik modern, namun tidak mengesampingkan kesenian tradisional untuk ikut andil dalam acara besar tersebut.

Salah seorang pemusik tradisional, Wilpin, menyebutkan bahwa sanggar seni Bebadosan yang berada di bawah naungan Rumah Budaya Lenek tersebut ditunjuk untuk tampil dalam acara oleh pengurus Rumah Budaya Lenek. Mereka bekerja sama dengan panitia festival jazz internasional untuk menampilkan seni musik tradisional dalam acara pembuka.

“Kita diutus dari Rumah Budaya untuk ikut dalam acara ini,” ujarnya kepada suarantb.com, Sabtu, 20 Agustus 2016.

Rombongan pemusik tersebut berangkat dari Lombok Timur untuk ikut memeriahkan festival musik dan penyambutan kepada Bupati Lombok Barat yang juga hadir dalam pembukaan acara. Selain seni musik tradisional gamelan, lagu tradisional yang digarap oleh musisi jazz lokal pun ikut menyemarakkan festival. (rdi)