Ribuan Peserta Ramaikan Parade Budaya BBLS

Mataram (suarantb.com) – Parade budaya dalam rangka Bulan Budaya Lombok-Sumbawa (BBLS) diikuti oleh ribuan peserta. Berbagai lapisan masyarakat dari semua daerah di NTB ikut berkontribusi meramaikan acara tersebut. Generasi tua, muda, mahasiswa dan pelajar dari 10 kabupaten/kota antusias mengenalkan budaya daerahnya masing-masing.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, Dr. Muhammad, mengatakan lebih dari 30 kelompok bergabung menyemarakkan acara. Kelompok-kelompok tersebut berasal dari kabupaten/kota se-NTB dan sekolah-sekolah se-Kota Mataram, serta beberapa kelompok yang berasal dari luar NTB. “Estimasinya sekitar 1.300 peserta ikut berkontribusi dalam parade budaya ini,” jelasnya kepada suarantb.com, Kamis, 18 Agustus 2016.

Kelompok budaya tersebut menampilkan berbagai unsur budaya daerah seperti pakaian adat, gamelan, gendang beleq, prosesi nyongkolan, praja besunat, dan berbagai jenis tari dan musik tradisional. Selain itu ada juga atraksi reog dan barongsai.

Selain kelompok budaya tersebut, cidomo hias juga ikut menyemarakkan parade budaya yang dimulai di Islamic Center tersebut. Sekitar 20 cidomo dengan hiasan menarik menyertai arak-arakan peserta hingga ke lapangan Sangkareang.

Muhammad mengatakan BBLS ini sudah menjadi salah satu tradisi tahunan Pemprov NTB yang dilaksanakan sejak puluhan tahun lalu. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisata di NTB. Selain itu para pemuda juga menjadi lebih termotivasi untuk mengapresiasi budaya daerahnya sendiri sebagai bagian dari identitas bangsa. (rdi)