Wisatawan Asing Ikut Semarakkan Parade Bulan Budaya

Mataram (suarantb.com) – Parade budaya dalam rangka perayaan Bulan Budaya Lombok Sumbawa (BBLS) yang diadakan di Kota Mataram, Kamis, 18 Agustus 2016 memberikan daya pikat besar terhadap wisatawan asing. Tak hanya masyarakat NTB yang antusias menyemarakkan parade tersebut, namun sejumlah wisatawan asing pun ikut terlibat menyemarakkan acara tersebut.

“Saya tidak sempat tanyakan asal turis-turis asing itu satu per satu, tapi ada salah satu turis Asia yang saya tahu berasal dari Jepang,” terang Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, Dr. Muhammad, kepada suarantb.com, Kamis (18/8/2016).

Wisatawan asing tersebut memakai busana adat Sasak dan terlihat sangat antusias mengikuti jalannya acara. Mereka berada di Islamic Centre dengan berpakaian adat sebelum acara parade dimulai. Para wisatawan itu mengikuti arak-arakan parade budaya dan menaiki cidomo hias.

Muhammad mengatakan para wisatawan tersebut mengikuti parade budaya atas inisiatif sendiri. Bekerja sama dengan Disbudpar, para wisatawan asing tersebut difasilitasi untuk mengenakan busana adat.

“Mereka inisiatif sendiri. Tapi kita bekerja sama memfasilitasi mereka untuk riasan adat dan baju-baju adatnya,” paparnya. (rdi)