Sambut MTQ Nasional

“Selakaran” 5.000 Pelajar akan Pecahkan Rekor MURI

Mataram (suarantb.com) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB, H. L. Moh. Faozal, S.Sos, M.Si mengatakan pihaknya menyiapkan 5000 pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kota Mataram, untuk selakaran atau membaca sholawat dari Masjid At-Taqwa Kota Mataram sampai Pendopo Gubernur. Pembacaan sholawat tersebut akan diadakan 28 Juli 2016, dua hari sebelum pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 di Islamic Center.

“Insya Allah ini akan masuk rekor MURI,” kata Faozal,   Jum’at, 15 Juli 2016 usai rapat persiapan pelaksanaan MTQ Nasional di Kantor Gubernur.

Selain menggelar selakaran dalam rangka memeriahkan acara MTQ, Disbudpar juga menyiapkan pelajar MTs dan MA  sebanyak 300 orang untuk membaca sholawat di luar arena utama MTQ pada malam pembukaan, 30 Juli mendatang. Persiapan untuk memecahkan rekor MURI  tersebut juga akan dimeriahkan dengan pelepasan kembang api sebanyak dua kuintal.

Kembang api sebanyak dua kuintal ini akan dinyalakan usai dibuka Presiden Ir. H. Joko Widodo sebagai penanda MTQ Nasional resmi dimulai. Terkait kesiapan akomodasi bagi peserta MTQ dari berbagai provinsi yang datang ke NTB, Faozal mengatakan telah disiapkan 19 hotel di Kota Mataram.

Hotel sebanyak itu akan menampung sebanyak 3.500 peserta dari seluruh Indonesia. “Seluruh hotel di Kota Mataram sudah dibooking, untuk 3500 kafilah yang sudah resmi ada di daftar, jumlah itu selain penggembira,” ucapnya.

Sementara itu, tur kota bagi peserta MTQ, Disbudpar menyiapkan empat bus gratis mulai tanggal 1-5 Agustus 2016. Sementara untuk  transportasi peserta, kementerian Perhubungan memberikan 34 bus gratis yang akan datang ke NTB, 25 Juli mendatang.

Sementara, untuk  angkutan udara melalui Lombok Internasional Airport (LIA) belum ada maskapai yang mengajukan penerbangan tambahan. Namun, maskapai Garuda Indonesia akan mengganti pesawat dengan kapasitas yang lebih besar, yakni pesawat jenis  boeing 737 diganti dengan pesawat Airbus  340. Pesawat tersebut dapat menampung 400 orang penumpang. (ism)