Tari Kolosal Multikultur untuk Pembukaan MTQ

Mataram (suarantb.com) – Dalam pembukaan MTQ Nasional ke-26 akhir bulan ini, akan ditampilkan sebuah tarian kolosal dengan melibatkan ratusan penari. Tarian kolosal ini adalah tarian multikultur; menggabungkan banyak unsur budaya.

Demikian disampaikan sutradara dan koreografer tari kolosal ini, Lalu Suryadi Mulawarman, kepada suarantb.com, Kamis, 14 Juli 2016.

Dalam tarian ini, ia menggabungkan unsur etnis yang ada di NTB dan juga unsur kebudayaan beberapa daerah di Indonesia yang pernah singgah di Lombok. Utamanya ialah yang berkaitan dengan penyebaran Islam seperti Jawa, Sumatera Barat, Ternate, dan Tidore.

Budaya Jawa dipilih karena Sunan Prapen dari Jawa pernah singgah di Lombok Tengah, sehingga disana ada daerah bernama Prapen. Datuk Ribandang dari Sumatera Barat pernah singgah di Lombok, yang memberikan warna terhadap Islam di Lombok. Begitu pula dengan Kesultanan Ternate-Tidore yang melakukan perjalanan hingga ke Lombok.

“Tarian ini nantinya bukan hanya tentang tari, tetapi ada unsur dramatik, unsur sastra. Dalam penampilannya, nanti para penari akan tampil secara bergiliran, sesuai dengan budaya yang direpresentasikan,” jelas Suryadi.

Untuk musik pengiring, ia menyampaikan akan menggunakan musik dengan unsur kedaerahan atau musik Islami. Di samping itu akan ditampilkan pula sebuah narasi yang menekankan unsur dramatik tarian.

Jumlah penari yang akan dilibatkan sebanyak 500 orang yang berasal dari sanggar seni dan sekolah se-Kota Mataram. (ros)