Pemkot Mataram Ingin Lebaran Topat Masuk Agenda Kegiatan Nasional

Mataram (suarantb.com) – Perayaan Lebaran Topat menjadi agenda tahunan Pemkot Mataram. Ke depan, Pemkot Mataram ingin menjadikan perayaan ini masuk dalam agenda kegiatan nasional. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kota Mataram, H. Effendi Eko Saswito saat menghadiri perayaan Lebaran Topat di Loang Baloq, Sekarbela, Rabu, 13 Juli 2016. “Jika memungkinkan, kita akan jadikan sebuah event nasional,” ujarnya.

Menurut Eko, Lebaran Topat adalah kegiatan yang sangat kental nuansa religiusnya. Hal ini juga dapat mendukung wisata halal yang ada di Pulau Lombok. “Ini barangkali menjadi PR kita bersama, khususnya Pemerintah Kota Mataram, bagaimana mengembangkan tradisi Lebaran Topat ini sebagai event yang

lebih besar dan menjadi event nasional,” terangnya.

Perayaan Lebaran Topat di Mataram disampaikan Eko semakin berkembang setiap tahunnya. Ada berbagai suguhan acara yang ditampilkan mulai dari kesenian lokal hingga musik band yang ditangani sepenuhnya oleh masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Sekarbela. Perayaan ini juga banyak dihadiri oleh warga dari luar Pulau Lombok. “Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita,” ungkapnya.

Eko meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram agar menyiapkan sarana prasarana si berbagai objek wisata di Kota Mataram, termasuk Loang Baloq. Ia juga menambahkan sudah saatnya Pemkot Mataram memikirkan bagaimana mengoptimalkan keberadaan sarana-sarana rekreasi di wilayah Kota Mataram. (rdi)