Perayaan Lebaran Topat Jadi Ajang Sosialisasi MTQ Nasional

Mataram (suarantb.com) – Perayaan Lebaran Topat di Kecamatan Sekarbela dijadikan ajang sosialisasi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 di Kota Mataram. Acara yang digelar di dua tempat, yaitu Makam Loang Baloq dan Pantai Loang Baloq pada pada Rabu,13 Juli 2016 pagi berlangsung khidmat dan meriah.

Dalam kesempatan tersebut, panitia penyelenggara mengajak warga turut menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional pada akhir bulan ini. Ketua Panitia, Fathurrahman menyampaikan, melalui perayaan Lebaran Topat pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kota Mataram telah siap menjadi tuan rumah MTQ Nasional.

“Kami hajatkan acara ini kepada semua pengunjung yang ada di pinggir pantai ini, agar masyarakat kita ini tahu bahwa Kota Mataram sudah siap menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional yang ke-26,” terangnya.

Fathurrahman menyampaikan perayaan di dua tempat; makam dan pantai dimaksudkan agar acara seremonial berupa hiburan tidak mengganggu ritual keagamaan peziarah di Makam Loang Baloq. Ia menyebutkan bahwa pemisahan lokasi acara tersebut untuk memberikan kesempatan bagi pengunjung dari luar Kota Mataram untuk berziarah makam. Pemisahan lokasi ini mulai dilaksanakan sejak dua tahun lalu.

“Peziarah yang datang dari Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara, akan tumpah ruah di Makam Loang Baloq. Sehingga kita akan berikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Pulau Lombok pada saat ini untuk berziarah, dengan tidak terganggu dengan acara seremonial yang kita laksanakan,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa apabila perayaan dipusatkan pada satu tempat yaitu Makam Loang Baloq, maka hiburan yang bisa ditampilkan terbatas. Dengan diadakannya acara di pinggir pantai dengan konsep meriah dapat memberikan hiburan kepada masyarakat yang berkunjung dari seluruh wilayah Pulau Lombok. (rdi)