Siap Digelar, Perayaan Lebaran Topat di Dua Lokasi

Mataram (suarantb.com) – Perayaan Lebaran Topat di Kota Mataram siap digelar pada Rabu, 13 Juli 2016 besok. Agenda tahunan Pemkot Mataram ini dipusatkan di dua titik; makam Loang Baloq, Sekarbela dan makam Bintaro, Ampenan.

Camat Sekarbela, Hariadi, menerangkan bahwa persiapan perayaan Lebaran Topat mencapai 90 persen pada Selasa, 12 Juli 2016 siang. Persiapan yang belum dilakukan berupa pemasangan karpet dan dekorasi di lokasi utama yaitu makam Loang Baloq. Sementara pos untuk pos keamanan, pos kesehatan serta panggung hiburan serta terop rampung dikerjakan. “Tinggal pelaksanaannya saja,” ujarnya kepada suarantb.com, Selasa, 12 Juli 2016.
Ritual yang akan dilaksanakan seperti ziarah makam, zikiran, serta ngurisan dimulai pada pukul 08.00 berlokasi di makam. Sementara di pinggir pantai akan diselenggarakan lomba dulang saji dan pembuatan ketupat untuk masyarakat umum.

Hariadi mengatakan pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas keamanan dari Polres, Polsek, dan Danramil. Di samping itu ia juga berkoordinasi dengan BPBD dan anggota SAR dan petugas kesehatan dari Puskemas Karang Pule dan Tanjung Karang. Ia juga menyebutkan 31 anggota Linmas dan 20 anggota Langlang ikut berkontribusi dalam pengamanan kegiatan ini.

Makam
Persiapan perayaan Lebaran Topat yang dilakukan panitia di makam Bintaro, Ampenan, Selasa, 12 Juli 2016 sore.

Terpisah, Camat Ampenan, Ki Agus M. Idrus menyampaikan selain makam Bintaro, perayaan Lebaran Topat juga dipusatkan di eks Pelabuhan Ampenan. Persiapan perayaan Lebaran Topat di Makam Bintaro sampai Selasa, 12 Juli siang ini telah rampung. “Ini kan kita sudah pasang terop, di depan juga sudah dibuat pos keamanan,” terangnya kepada suarantb.com.

Ritual keagamaan di Bintaro juga akan dimulai pada pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Sementara acara hiburan di Pantai Ampenan diadakan setelahnya. Idrus menyampaikan sebanyak 30 petugas keamanan dari kepolisian ditugaskan di pos keamanan di makam Bintaro. Selain itu 11 anggota lainnya bertugas di eks Pelabuhan Ampenan. (rdi)