Rayakan Lebaran Topat, ASN Diberikan Dispensasi Waktu

Mataram (suarantb.com) – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Mataram diberikan dispensasi waktu oleh Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh untuk merayakan Lebaran Topat pada Rabu, 13 Juli 2016. Ahyar mengatakan dispensasi waktu ini bertujuan agar para ASN bisa mempersiapkan diri dalam rangka menjalankan tradisi tersebut.

“Kita berikan dispensasi pada hari Rabu saat Lebaran Topat,” ujarnya. Dispensasi waktu yang diberikan hanya sampai pukul 11.00. Setelah itu para ASN harus kembali melaksanakan tugasnya.

Ahyar menyampaikan Lebaran Topat telah menjadi tradisi masyarakat Lombok yang dilaksanakan sepekan setelah Idul Fitri. Sebagai kota yang mengusung visi kota yang maju, religius, dan berbudaya, ia ingin memberikan kesempatan kepada para aparatur agar bisa merayakan tradisi tersebut. “Ini artinya bahwa kita juga sangat memperhatikan kegiatan-kegiatan budaya dan kita secara langsung ikut bersama-sama dengan masyarakat,” jelasnya.

Pelaksanaan Lebaran Topat tahun ini dipusatkan di beberapa titik, diantaranya makam Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela dan makam Bintaro, Kecamatan Ampenan. Pemkot Mataram juga akan menggelar pertunjukan hiburan bagi warga yang salah satunya dipusatkan di eks Pelabuhan Ampenan. “Kita ingin agar warga kota yang ikut memeriahkan Lebaran Topat tidak harus ke utara (Senggigi), cukup di sini saja,” ujarnya.

Untuk pengamanan Lebaran Topat tahun ini, Walikota telah meminta agar dilakukan antisipasi. “Masyarakat biasanya setelah selesai ziarah kuburan langsung ke pantai mandi-mandi, itu juga perlu diantisipasi. Kita tingkatkan keamanan dan semua kekuatan kita, kita terjunkan ke lapangan,” jelasnya. Ia juga meminta kepada kepolisian dan Danlanal untuk bersama-sama melakukan pengawasan di pinggir pantai. (ynt)