Tingkatkan Jumlah Kunjungan Pengunjung Pantai Labuhan Haji Tak Dikenakan Tiket Masuk

Selong (suarantb.com) – Mulai tahun ini, pemerintah desa/kelurahan di Kecamatan Labuhan Haji tidak memungut biaya tiket masuk kepada para pengunjung yang ingin menikmati wisata Pantai Labuhan Haji dan sekitarnya. Keputusan itu disepakati dalam  rapat kepala desa/kelurahan  sebelum libur lebaran.

Hal tersebut dikatakan  Kepala Polsek (Kapolsek) Labuhan Haji, Muhajirin ketika dikonfirmasi  Minggu, 10 Juli 2016. Muhajirin menjelaskan pihaknya membuat Pos Pantau Pengamanan Wisata di Pantai Suryawangi dan Pantai Labuhan Haji. Pos pantau pengamanan itu berada di depan pintu Dermaga Labuhan Haji.

Ia menjelaskan,  pos pantau pengamanan itu dibuka  sehari sebelum puncak keramaian wisata pantai. Jumlah personil kepolisian yang diterjunkan  mulai  Sabtu, 9 Juli 2016 berjumlah 60 orang. Mereka berasal dari  Polsek Labuhan Haji sebanyak  45 orang dan  anggota Satlantas Polres Lombok Timur sebanyak 15 orang.

Muhajirin mengatakan, puncak keramaian di Pantai Labuhan Haji dan Suryawangi akan terjadi pada Minggu sore. Saat ditanya perkiraan jumlah pengunjung dari pagi hingga sore, Muhajirin mengatakan akan sama seperti tahun lalu yakni mencapai  ribuan orang. “Warga yang datang ke sini waktu libur lebaran ada ribuan orang, Apalagi di pantai wilayah lingkar sana,” ujarnya.

Anggota Satlantas Polres Lombok Timur,  Nur Bawain mengaku, selain mendapat tugas mengontrol arus balik lebaran, timnya juga diturunkan untuk mengamakan tempat wisata di Labuhan Haji. “Kita keliling juga mengontrol, membantu petugas dari Polsek Labuhan Haji,” katanya.

Bawain menjelaskan, anggota Satlantas Polres Lombok Timur yang diterjunkan melakukan pengamanan pada enam titik. Mereka di tempatkan pada daerah-daerah yang rawan. “Di tempat-tempat rawan kami sudah ada pengamanan, jumlahnya ada enam titik,” pungkasnya. (ism)