Percepat Lokasi MTQ

H.L. Rasyidi (Suara NTB/dok)

PEMERINTAH Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) terus menggenjot persiapan fisik di kawasan Masjid Agung Loteng yang akan dijadikan arena gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional awal bulan Agustus mendatang. Seluruh fasilitas pendukung MTQ terus dipacu penyelesaiannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan ESDM Loteng, H.L. Rasyidi, S.T., kepada Suara NTB, Kamis (7/7), menjelaskan, saat ini capaian fisik penyelesaian fasilitas pendukung MTQ di kawasan Masjid Agung Loteng dan Kota Praya umumnya sudah mencapai sekitar 60 persen. Sisanya akan dikebut usai Lebaran.

“Kalau kita lihat capaiannya, kita optimis penyelesaian persiapan fisik fasilitas pendukung MTQ tingkat nasional bisa tuntas sesuai target waktu yang ada,” sebutnya.

Pasalnya, untuk pekerjaan fisik yang termasuk pekerjaan berat sudah hampir rampung. Seperti penyiapan pondasi untuk tiang lampu penerang jalan, termasuk pekerjaan fisik jalan pendukung di sekitar kawasan Masjid Agung. Sehingga praktis, pekerjaan yang tersisa berupa pekerjaan yang ringan saja.

Meski demikian, bukan berarti pihaknya meremehkan sisa pekerjaan yang ada. Justru pihaknya bersama rekanan terus menggenjot penyelesaian pekerjaan yang masih tersisa tersebut. “Jadi kita punya waktu efektif untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai sekitar 15 hari lagi. Jadi tidak ada waktu untuk bersantai,” imbuh Rasyidi.

Apalagi event yang digelar nanti merupakan event berskala nasional, maka persiapan yang dilakukan jelas tidak bisa sembarang dan asal-asalanya. Terlebih Bupati Loteng menginginkan persiapan harus benar-benar matang. “Pak Bupati minta persiapan yang terbaik. Mengingat ini event berskala nasional,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ nasional kali ini bukan hanya menjadi pertaruhan nama baik bagi NTB. Tetapi juga Loteng dalam hal ini sebagai salah satu daerah penyelenggara, sehingga persiapan harus benar-benar maksimal. Terutama dalam hal persiapan fisik arena kegiatan MTQ itu sendiri.

“Mumpung kita diberi kepercayaan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event nasional, maka persiapan semaksimal mungkin kita lakukan,” ujarnya. (kir)