Buaya Ditemukan Warga di Pantai Talonang Baru

Warga mengevakuasi buaya dari Pantai Sampar Ujung, beberapa saat setelah ditemukan warga. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Seekor buaya ditemukan warga Desa Talonang Baru SP III, Kecamatan Sekongkang ditemukan di pinggir pantai desa setempat, Selasa, 18 Desember 2018. Buaya ditemukan di pinggir pantai Sampar Ujung, Desa Talonang Baru.

Buaya pertama kali ditemukan oleh warga yang hendak memancing ke laut. Setelah menemukan buaya di sekitar bebatuan, warga melaporkan ke warga lain dan pemerintah desa setempat.

Iklan

Kepala Desa Talonang Baru, Lalu Dedi Juanda yang dikonfirmasi Rabu, 19 Desember 2018 kemarin, membenarkan keberadaan buaya tersebut. Ia mengatakan, sebenarnya kabar adanya buaya di pantai diinformasikan warga sekitar dua minggu lalu. ‘’Yang lapor pertama anak-anak. Karena anak-anak yang menginformasikannya, sehingga warga tidak menggubrisnya. Kemarin (Selasa) ada lagi warga yang melapor. Akhirnya kami mengecek ke lokasi,’’ katanya.

Pengintaian dilakukan Selasa lalu mulai pagi hingga sore hari di lokasi terakhir buaya itu muncul di pinggir pantai. ‘’ Sekitar pukul 15.00 Wita, baru buaya itu muncul di pinggir pantai. Dan kami beramai-ramai bersama warga kemudian menangkapnya dengan peralatan seadanya,’’ terangnya.

Saat ditangkap buaya dengan panjang 3,5 meter itu tidak melawan. Dedi mengungkapkan, kondisi buaya tersebut cukup memprihatinkan. Tubuhnya lemas, tidak seperti binatang buas pada umumnya yang liar. Selain itu juga didapati sejumlah luka-luka di bagian tubuh hingga bagian kaki buaya.

Setelah ditangkap, warga melaporkan ke petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Dedi menyebutkan, atas laporannya itu petugas BKSDA turun ke lokasi dan mengangkut buaya tersebut.

Melihat bentuk fisiknya, buaya tersebut cukup identik dengan buaya air asin atau buaya muara. Warnanya abu kehitaman, berbadan gempal, memiliki ekor panjang dan tebal dan bentuk rahangnya lebar sebagaimana deskripsi buaya muara pada umumnya. (bug)