BPKP Awasi Proyek DSP Mandalika dan Pembangunan Bendungan

Pembangunan Bendungan Meninting

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat menggelontorkan anggaran yang cukup besar untuk pengembangan Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika dan Proyek Strategis Nasional (PSN) sejumlah bendungan di NTB. Sehingga, pembangunan DSP Mandalika dan pembangunan sejumlah bendungan besar di NTB menjadi atensi pengawasan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

‘’Salah satu yang prioritas kita awasi adalah DSP Mandalika. Karena Mandalika ini akan melaksanakan MotoGP. Sehingga BPKP NTB secara khusus mengawal DSP Mandalika,’’ kata Deputi Bidwas PIP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman BPKP Pusat, Salamat Simanullang dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Senin, 23 Agustus 2021.

Iklan

Selain itu, kata Simanullang, pihaknya juga mengawasi pelaksanaan PSN yang cukup banyak di NTB. Antara lain, proyek pembangunan sejumlah bendungan besar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

“Itu juga menjadi perhatian kita. Supaya bendungan itu, bukan sekedar bendungan. Tetapi bendungan itu juga harus ada ikutannya. Apakah saluran irigasi sudah dibangun. Sehingga, tujuan untuk meningkatkan produksi pangan bisa tercapai,” terangnya.

Simanullang menambahkan, proyek-proyek pendukung DSP Mandalika seperti pembangunan jalan bypass Mandalika juga tak luput dari pengawasan BPKP. Bentuk pengawasan yang dilakukan, yaitu melihat ada tidaknya hambatan dalam pelaksanaan pembangunannya.

Karena terkadang, permasalahan yang ada di lapangan bersifat lintas sektor atau melibatkan banyak pihak. Dalam kontek inilah, BPKP akan memfasilitasi pihak-pihak terkait.

Kemudian permasalahan yang biasa ditemukan di lapangan terkait dengan pembayaran pengerjaan proyek kepada rekanan. Terkadang, banyak proyek yang terlambat dilakukan pembayaran kepada rekanan.

“Sehingga dari sisi mekanisme anggaran, harus disiapkan anggarannya, sehingga BPKP melakukan review. Supaya anggarannya cepat disediakan. Sehingga rekanan pelaksana program ini tidak terkendala dari sisi pembiayaan,” tandasnya. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional