BPIH 2017 Naik, Ini Fasilitas yang Diterima JCH Menurut Dirjen PHU

Mataram (suarantb.com) – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Abdul Jamil menjelaskan dalam penyelanggaran haji tahun ini, sejumlah fasilitas untuk jemaah calon haji (JCH) di Arab Saudi akan mengalami perbaikan dan penambahan.

“Untuk pelayanan jemaah haji tahun ini akan di-upgrade,” ujarnya usai membuka acara sertifikasi pembimbing manasik haji tahun 2017 se Nusa Tenggara (NTB, Bali, NTT) di Mataram, Sabtu, 8 April 2017.

Iklan

Diantara fasilitas yang akan di upgrade ialah tenda jemaah calon haji di Arafah. Abdul Jamil menjelaskan bahan yang digunakan untuk tenda tersebut berasal dari kain terpal. Ke depannya, bahan yang akan digunakan ialah polimer yang tahan terhadap api. Untuk konstruksi tenda juga akan menggunakan baja.

“Jadi tenda ini juga harus yang bagus, kemudian di dalamnya dikasih pendingin juga,” terangnya.
Menurutnya, sistem transportasi untuk para jamaah juga akan di upgrade, baik dari segi pendingin di bus, bagasi bus yang diperluas, dan bus yang lebih nyaman.

Selain itu, ada tambahan makan di Makkah dari yang dulunya 24 kali sekarang ditingkatkan menjadi 25 kali. Begitu juga dengan tambahan sarapan bagi jamaah. “Kemarin tidak ada sarapan, sekarang di Makkah di kasih sarapan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penyelenggara Haji Dan Umroh Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, Drs. H. Maad Umar, M.Pd menyebutkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Embarkasi Lombok pada tahun 2017 telah ditetapkan sebesar Rp 38.239.100.

Ongkos naik haji tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp 510.139 dari BPIH tahun 2016 sebesar Rp 37.728.961. Menurut Maad, ongkos haji tersebut bukan mengalami kenaikan tanpa sebab, karena terdapat sejumlah fasilitas yang akan diberikan kepada para jamaah nantinya.

“Sebenarnya ini bukan naik, karena beberapa fasilitas di Arab Saudi nanti akan ditambah untuk jamaah haji Indonesia,” pungkasnya. (hvy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here