BPBD Temukan Titik Api di Lahan Tanaman Jagung Dompu

Mataram (Suara NTB) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB menemukan beberapa titik api di sekitar lahan tanaman jangung Kabupaten Dompu. Titik api tersebut berpotensi terhadap terjadinya kebakaran hutan. Hal itu diketahui setelah terdeteksi satelit pemantau spot api BMKG dan BPBD NTB.

Aktivitas masyarakat Dompu yang melakukan penanaman jagung dengan cara pembabatan hutan, dinilai sebagai bentuk upaya mengalih fungsikan hutan. Pembabatan yang hampir terjadi di semua titik tersebut, dikhawatirkan memicu terjadinya kebakaran hutan.

Iklan

“Jadi kita kerjasama dengan BMKG untuk memantau spot api, kalau kemarin sore kita temukan spot api ini terjadi di wilayah Kesi, Manggelewa, dan Piong,” kata Kasi Tanggap Darurat BPBD NTB, Agung Pramuja kepada Suara NTB Jumat (2/9/2016) kemarin.

Agung Pramuja mengatakan, minimnya pengetahuan masyarakat terhadap fungsi hutan sebagai penyangga keseimbangan wilayah, menjadi persoalan mendasar yang mesti diperhatikan secara serius pemerintah setempat.

Pasalnya, keberadaan hutan yang sebagian besarnya dimanfaatkan untuk penanaman jagung itu, saat ini telah mulai memunculkan dampak negatifnya.

“Bagaimana petani tradisional ini kita berikan pemahaman, sebab dampaknya tidak hanya kebakaran hutan saat musim kering seperti ini, tapi ketika musim hujan banjir juga,” kata Agung Pramuja.

Ia menegaskan, pemerintah setempat selaku pemangku kebijakan dalam persoalan tersebut, harus dapat memberikan batasan dalam pengelolaan hutan. hal itu guna memperkecil risiko terjadinya bencana alam yang akan merugikan semua pihak. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here