BPBD Siagakan Personel Antisipasi Banjir

Hujan lebat yang mengguyur wilayah hulu Kabupaten Sumbawa debit air sungai yang melintasi Sumbawa, Jumat, 13 Maret 2020 sekitar pukul 15.20 Wita.(Suara NTB/Kalak BPBD Sumbawa)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Hujan lebat yang mengguyur wilayah hulu Kabupaten Sumbawa menyebabkan tingginya debit air sungai yang melalui tengah kota, Jumat, 13 Maret 2020 sekitar pukul 15.20 Wita. Warga yang tinggal di bantaran sungai pun siaga mengantisipasi luapan air sungai ke pemukiman.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Ir. A. Rahim yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya telah melakukan monitoring untuk memantau perkembangan. Bahkan personel tetap disiagakan sebagai upaya antisipasi.

Iklan

“Kami sudah melakukan monitoring untuk memantau kondisi. Kami juga menyiagakan personel untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi,” ujarnya.

Dijelaskannya, dari pantauan tim BPBD, lokasi terdampak genangan yakni di RT. 03 RW 01 dan RT. 01 RW 03 Kelurahan Brang Bara. Meskipun demikian, tidak ada warga yang mengungsi karena kondisi air berangsur-angsur surut.

“Aliran Sungai Desa Kereke, Samapuin, Brang Bara dan Barang Biji, volume air sungai terpantau cukup tinggi menghawatirkan. Tetapi air sungai dalam waktu yang tidak begitu lama surut kembali,” pungkasnya. (ind)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional