BPBD Pantau Ancaman Banjir di Sejumlah Titik

Kondisi pemukiman Karang Padak yang sempat tergenang akibat hujan lebat. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Intensitas hujan dalam beberapa hari terakhir di Sumbawa meningkat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa pun mengambil langkah siaga dengan terus memantau sejumlah titik. Yang menjadi titik rawan ancaman banjir.

Seperti yang dilakukan Plt. Kalak BPBD Sumbawa, M. Nurhidayat S.T, bersama timnya turun langsung memantau kondisi muara kali Labuan Sumbawa, Jumat, 8 Januari 2021. Akibat hujan lebat di wilayah hulu Ai Ngelar bertemu dengan naiknya air pasang pantai Labuan sempat membuat pemukiman Karang Padak Labuan Sumbawa tergenang. “Lebih dari 100 rumah sempat tergenang setinggi lutut orang dewasa. Sekarang airnya mulai surut,”terangnya.

Tim BPBD juga terus bergerak memantau wilayah lainnya yang rawan banjir. Pergerakan air di wilayah hulu seperti Semongkat dan Ai Ngelar tetap dimonitor oleh petugas. Begitu pula di sekitar pemukiman sepanjang bantaran kali yang melintasi wilayah kota Sumbawa. “Sekarang kami bergerak ke wilayah Bangkong Karang Dima,”kata Dayat saat berita ini diturunkan.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Terutama mengantisipasi kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem hujan lebat di musim penghujan ini. (arn)