BPBD Mataram Kebanjiran Laporan Soal Genangan Air

Mataram (Suara NTB) – Memasuki cuaca ekstrem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram mulai mendapatkan banyak laporan dari masyarakat.

Laporan terbanyak tentang genangan air akibat saluran tersumbat dan laporan tentang pohon tumbang. Sebab saat ini tengah memasuki musim pancaroba. Sehingga masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati.

Iklan

“Saat ini memang kita tengah memasuki musim pancaroba. Kadang hujan deras, kadang hujan kecil tapi anginnya kencang. Makanya dari kemarin paling banyak dapat laporan tentang genangan air dan pohon tumbang,” kata Kepala BPBD Kota Mataram Dedi Supriadi kepada Suara NTB, di Mataram, Kamis, 19 Oktober 2017.

Ia mengatakan saat hujan deras, banyak saluran menjadi tersumbat akibat sampah. Ia mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke saluran air. Selain itu banyaknya laporan tentang pohon tumbang juga diakibatkan angin kencang.

“Hampir setiap hari petugas kami menerima laporan. Kalau tidak tentang genangan, ya tentang pohon tumbang. Karena banyak pohon yang sudah tua di Kota Mataram,” ujarnya.

Setiap hari sebanyak 20 personel BPBD Kota Mataram bersiaga. Pihaknya juga melakukan patroli untuk memastikan masyarakat tidak mengalami kesulitan pada saat hujan deras atau pada saat angin kencang. Keberadaan para personel ini juga untuk mengantisipasi apabila ada bencana tak terduga yang terjadi pada saat hujan deras atau angin kencang.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar menjauhi pohon-pohon besar. Terutama pohon-pohon yang ada di jalan utama,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat di pesisir pantai agar behati-hati. Cuaca yang tidak menentu harus diantisipasi pula oleh para nelayan. Sehingga masyarakat bisa tetap aman dengan kondisi cuaca saat ini.

“Kami rasa masyarakat di pesisir sudah mengerti dan sudah terbiasa dengan keadaan cuaca seperti ini. Namun demikian kami tetap mengimbau agar masyarakat berhati-hati,” katanya.

Ia berharap masyarakat dapat segera melaporkan sekecil apapun potensi bencana yang bisa saja terjadi di lingkungannya. Sehingga BPBD Kota Mataram dapat bertindak cepat untuk membantu atau mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. (lin)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional