BPBD KSB Masih Tetapkan Status Siaga

Penampakan ketinggian air sungai Taliwang yang sempat mencapai level maksimalnya, Senin lalu.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) hingga kini masih menetapkan status kebencanaan pada status siaga. Meski potensi hujan terus menunjukkan peningkatan, namun pihak BPBD menyatakan belum terdapat dampak signifikan yang membuat status kebencanaan harus dinaikkan.

“Hujan dari tiga hari lalu memang menimbulkan beberapa kerusakan. Tapi itu masih bisa teratasi. Jadi sementara ini status kita masih siaga,” kata Kepala Pelaksana BPBD KSB, Lalu Muhammad Azhar, Selasa (23/2).

Iklan

Selama hujan dalam 3 hari terakhir. Potensi bencana yang paling banyak mengacam beberapa wilayah di KSB adalah banjjr. Data pantauan BPBD KSB, setidaknya ada 3 kecamatan yang terancam banjir akibat luapan air sungai, yakni kecamatan Brang Rea, Taliwang dan kecamatan Seteluk.
Menurut Lalu Azhar, puncak antisipasi terjadinya banjir di 3 kecamatan itu berlangsung pada hari sebelumnya (Senin). Di mana level air sungai yang melintasi ketiga kecamatan sempat naik ke posisi maksimal. “Di Taliwang ada beberapa titik air sudah masuk pemukiman. Seperti Sampir, Tamekan dan Banjar. Tapi kemudian segera surut,” klaimnya.

Mengacu pada data prakiraan cuaca Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Lalu Azhar memaparkan, prediksi terjadinya hujan secara terus menerus dengan intensitas sedang hingga tinggi masih akan berlangsung sampai pada tanggal 27 Februari mendatang. Selama itu potensi-potensi kebencanaan akibat hujan, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi setiap saat. “Alhamdulillah hari ini hujan agak reda sehingga level air sungai terutama di Taliwang sudah agak turun,” timpal Lalu Azhar.

Selanjutnya mantan Kepala Dinas Perindagkop KSB ini menyampaikan, selain hujan lebat yang turut diperlu diwaspadai adalah angin kencang. Karena itu Lalu Azhar mengimbau kepada warga tetap berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari keluar rumah saat turun hujan yang disertai angin kencang. (bug)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional