Bongkar Muat Barang di Pelabuhan Lembar Melonjak

Giri Menang (Suara NTB) – Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan barang yang dikelola Pelindo III Lembar mengalami lonjakan cukup signifikan memasuki bulan puasa ini. Terdapat peningkatan bongkar muat sekitar 25 persen dibanding hari biasa, barang yang dibongkar muat ini  didominasi oleh sembako. Selain bongkar muat barang, Pelindo III juga telah melakukan persiapan penanganan penumpang yang datang melalui pelabuhan tersebut.

“Kenaikan bongkar muat barang sekitar 25 persen bulan ini (Mei, red), mulai dari saat memasuki bulan puasa sudah mulai melonjak,” jelas GM Pelindo III Lembar Made Rusli Siniajaya didamping Manager Operasi dan Komersial Herwin dan Manager Keuangan dan SDM  Bambang Budi Sugiantoro.

Iklan

Aktivitas bongkar muat barang jelasnya meningkatkan hingga mendekati lebaran. Pada hari biasa, bongkar muat dua kali seminggu sedangkan memasuki puasa ini aktivitas bongkar muat hampir tiap hari.

Peningkatan ini terjadi dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama puasa dan lebaran. Sebab jika stok berkurang maka harga akan melonjak. Selain bongkar muat barang, bongkar muat komoditi lain, seperti pupuk dan semen serta minyak juga dijamin lancar. Untuk kontiner juga jelasnya terjadi lonjakan 25 persen dengan jumlah kontainer 600 per hari. Bongkar muat barang, jelasnya didominasi sembako, selain itu minyak, semen dan pupuk.

Dijelaskan untuk pengangkutan penumpang sendiri ada beberapa kapal yang melayani antara lain Tilong Kabila singgah di Lembar dua minggu sekali. Begitu pula kapal roro mengangkut penumpang dua mau penumpang. Untuk penampungan penumpang dan keluarga yang menjemput, sudah ada terminal penumpang Kedaro kapasitas 300 orang dan areal parkir luas. Luas lahan parkir sendiri sekitar 8.600 persegi.

Memasuki lebaran, jumlah penumpang melonjak sehingga disiapkan langkah dengan membentuk tim dan posko disiapkan di Terminal Kedaro. Pembentukan posko ini selama H-15 dan H+15 lebaran. (her)