Bobol Brangkas Perusahaan, Sebelas Pelaku Gondol Uang Tunai Ratusan Juta

Mataram (suarantb.com) – Sebelas pelaku spesialis pembobol brangkas menyatroni sebuah perusahaan di Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Pelaku berhasil membobol brangkas perusahaan dan menggondol uang tunai sekitar Rp 350 juta. Kejadian terjadi Minggu, 18 Desember 2016.

Perusahaan bernama PT Trus Jaya yang beralamat di Jalan TGH Saleh Hambali, Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lobar mengalami kerugiaan yang fantastis akibat kejadian tersebut.

Iklan

Dari sebelas pelaku, berhasil diamankan polisi sebanyak empat pelaku. Sementara tujuh pelaku lainnya terus diburu petugas kepolisian. Menurut Kasubdit III Dit Reskrimsus Polda NTB, AKBP Kholilur Rochman, modus yang digunakan kawanan pelaku dengan cara memanjat tembok bagian belakan perusahaan tersebut.

“Kelompok ini menanti hingga perusahaan tersebut sepi. Kelompok tersebut masuk ke gudang dengan cara memanjat tembok belakang. Pelaku kemudian menuju brangkas dan membobolnya menggunakan linggis,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjannya di Mapolda NTB.

Aksi yang dilakukan kawanan pelaku ini, luput dari penjagaan petugas security kantor. Pasalnya petugas keamanan saat waktu kejadian berada di depan kantor. Pelaku kemudian membagikan hasil curiannya pada masing-masing rekannya.

Diketahui, aksi pencurian yang dilakukan sebelas pelaku dilakukan pada tempat lainnya. Pelaku juga berhasil menggondol emas batangan pada sebuah toko yang menjual tempat tidur di wilayah Bengkel, Lobar.

“Setelah kita kembangkan, ada beberapa TKP yang kejadiannya bulan lalu. Mereka juga melakukan di dua TKP lain dengan kerugian diperkirakan hampir satu miliar. Termasuk pada TKP emas batangan. Kita kembangkan bersama Polres Lobar,” jelasnya.

Polda NTB juga berkoordinasi dengan Polda Bali dalam mengungkap kasus tersebut. Pasalnya di Bali juga kerap terjadi kasus-kasus pembobolan brangkas dengan modus serupa dengan yang dilakukan kawanan pelaku ini.

Tujuh pelaku lainnya telah dikantongi namanya oleh polisi. Hingga kini polisi terus memburu pelaku lainnya. Diketahui, dari keempat pelaku, tiga di antaranya ditangkap Polres Lobar. Sementara satu pelaku ditangkap Tim Ditr Reskrimum Polda NTB.

Pelaku diancam pasal 363 ayat (1) ke-3, ke-4, dan ke-5 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal sembilan tahun penjara. (szr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here