BMKG Prediksi Musim Kemarau Landa NTB Akhir Maret

Mataram (suarantb.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi  Kediri Lombok Barat, memprediksi musim kemarau akan terjadi di NTB pada Maret Dasarian III atau 10 hari terakhir di bulan Maret.

“Musim kemarau diprediksi bulan maret dasarian III tahun 2017, diprediksi hingga Mei,” kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Wakodim, SP, Kamis, 23 Februari 2017.

Iklan

Dengan adanya informasi tersebut, masyarakat khususnya petani dan nelayan diharapkan mampu mencermati perubahan iklim dan dapat mengantisipasi terjadinya musim kemarau dan penghujan.

Sehingga mereka dapat melakukan proyeksi dan membuat manajemen waktu baik untuk bercocok tanam dan  melaut.

Di tahun 2017, musim kemarau diprediksi normal hingga bulan Mei. Sedangkan di bulan Juni, diprediksi akan terjadi El Nino. Jika ini terjadi, masyarakat diminta mewaspadai terjadinya kemarau yang lebih panjang dan dapat menimbulkan kekeringan di beberapa titik wilayah di NTB.

Menurut Wakodim, tahun 2015 NTB dilanda iklim El Nino. Dimana dalam tahun tersebut, intensitas curah hujan menurun tajam sehingga menimbulkan iklim kemarau ekstrem. “Waktu itu petani kita sempat ditunda beberapa kali untuk nanam sampai akhir tahun 2015 baru bisa nanam,” ujar Wakodim.

Di tahun 2016, fenomena iklim La Nina melanda NTB. Artinya, intensitas curah hujan meningkat dari rata-rata normalnya. Dan hal tersebut berlangung hingga awal tahun 2017 ini.

Saat ini, BMKG memiliki radar cuaca yang masing-masing terpasang di Bandara Internasional Lombok dan Bima.  “Radar cuaca ini setiap 3 menit sekali memfoto, kalau ada kumpulan awan besar maka BMKG mengeluarkan peringatan dini 3 jam sebelumnya. Bahwa akan terjadi hujan tingkatannya akan lebat pada jam sekian,” ujarnya.

Prediksi dalam hitungan jam diakui Wakodim memiliki tingkat akurasi hingga 95 persen. Sedangkan untuk iklim yang periodenya bulanan, maka tingkat akurasinya bisa mencapai 75-80 persen. (hvy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here