BMKG : Hujan Lebat dan Angin Kencang Diprediksi Landa NTB Tiga Hari Ke Depan

Mataram (Suarantb.com) – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, diprediksi akan mengguyur wilayah NTB selama tiga  hari ke depan. Yakni mulai 21 – 23 Maret 2017. Demikian peringatan dini yang dikeluarkan prakirawan cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Bandara Internasional Lombok, Praya, Selasa, 21 Maret 2017.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Klas II BIL, Devi Ardiansyah menjelaskan hujan lebat disertai angin kencang pada hari ini berpotensi terjadi pada sore hingga pukul 17.00 Wita. Beberapa wilayah yang diminta  waspada antara lain Pemenang, Mujur, Senggigi, Sekotong, Montong, Tanjung dan sekitarnya dan berpotensi meluas ke wilayah Mataram, Gerung, Batulayar, Lembar, Kopang, Narmada, Selong, Sikur dan sekitarnya.

Iklan

Berdasarkan data analisis angin gradien pada tanggal 21 Maret 2017 pada pukul 00.00 UTC, terpantau daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu (1007 hPa), di sebelah utara Australia (1006 hPa), dan daratan Australia bagian utara (1006-1007 hPa).

Hal tersebut mengakibatkan terbentuknya pola konvergensi (daerah pertemuan angin) di wilayah sekitar NTB. Di mana hal ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan. Selain mewaspadai terjadinya hujan dan angin kencang, BMKG turut menginfokan perkembangan terbaru terkait peningkatan aktifitas petir yang signifikan pada sore hari ini, Selasa, 21 Maret 2017.  (hvy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here