BLT DD Dilanjutkan

H. Ashari (Suara NTB/dok)

Dinas Permberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMPD dan Dukcapil) NTB memastikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kembali dilanjutkan tahun 2021. Setiap penerima akan memperoleh Rp300 ribu.

Namun, Kepala DPMPD dan Dukcapil NTB, Dr. H. Ashari, S.H., M.H., belum bisa memastikan berapa kali akan dilakukan penyaluran BLT DD tahun 2021. Karena masih menunggu juklak dan juknis dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

“Semua desa bisa mengalokasikan untuk BLT DD  sesuai kondisi desa. Tergantung kondisi masing-masing desa dan itu harus dengan Perdes,” kata Ashari dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Selasa, 12 Januari 2021.

Ia mengatakan DD tahun 2021 masih tetap difokuskan untuk penanganan dampak pandemi Covid-19. Informasi yang didapatkan, besaran BLT DD yang akan diterima masyarakat sebesar Rp300 ribu. Tetapi dalam jangka waktu berapa kali BLT DD akan disalurkan, masing menunggu Juklak dan Juknis dari Kemendes PDTT.

“Sekarang dengan PMK (Peraturan Menteri Keuangan) yang baru, BLT DD  ini harus ditetapkan dengan Perdes. Dan di sana, tertera siapa-siapa yang mendapatkan. Artinya, secara hukum sudah tak diragukan,” terangnya.

Penerima BLT DD dilakukan melalui Musyawarah desa (musdes) khusus sebelumnya ditetapkan lewat Perdes.”Nanti di Perdes nama-nama penerima sudah jelas,” jelasnya.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kabupaten yang memperoleh DD paling besar di NTB pada 2021 adalah Lombok Timur sebesar Rp314,8 miliar.

Kemudian, Lombok Tengah Rp210,86 miliar, Bima Rp189,61 miliar, Lombok Barat Rp162,48 miliar, Sumbawa Rp150,36 miliar. Selanjutnya, Lombok Utara Rp80,55 miliar, Dompu Rp75,45 miliar, dan Sumbawa Barat Rp63,59 miliar. (nas)