BLT Dana Desa Diperpanjang Tiga Bulan

Ilustrasi BLT DD (Pixabay)

Tanjung (Suara NTB) – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) akan diperpanjang selama 3 bulan berikutnya. Hanya saja, jumlah nominal yang akan diterima masyarakat lebih rendah dari 3 bulan pertama (April-Juni).

Hal itu diakui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2KB PMD) KLU, H. Kholidi Halil, MM., melalui Kepala Bidang PMD, Atmaja Gumbara, SP., Jumat, 26 Juni 2020.

Iklan

Dikatakan Atmaja, perpanjangan BLT DD untuk tiga bulan berikutnya berlaku untuk bulan Juli sampai September. Namun jumlahnya diturunkan dari Rp 600 ribu per bulan, menjadi Rp 300 ribu per bulan. “BLT diperpanjang 3 bulan lagi, tapi kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut,” ujar Atmaja.

Informasi menyebutkan, Kementerian Keuangan RI telah merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Pengelolaan Dana Desa. Melalui PMK No. 50/PMK.07/2020, menginstruksikan agar BLT DD dicairkan untuk mengatasi dampak sosial ekonomi masyarakat akibat Covid-19.

Di KLU sendiri, seluruh desa telah menyalurkan BLT DD kepada masyarakat. Desa yang terakhir menyalurkan adalah Desa Sesait, di mana penyaluran kepada warga dilakukan Sabtu, 27 Juni 2020 di kantor desa setempat.

Penyaluran di Desa Sesait sangat terlambat, lantaran adanya persoalan pemberhentian perangkat desa oleh kepala desa setempat. Polemik kebijakan perangkat desa dengan kepala desa akhirnya diselesaikan oleh bupati dengan memberhentikan sementara (3 bulan) kepada Kepala Desa Sesait dan mengangkat kembali 5 orang perangkat yang diberhentikan. “Kita berharap BLT DD yang sudah dicairkan dapat membantu persoalan ekonomi masyarakat karena pemberlakuan isolasi mandiri oleh masyarakat,” imbuh Atmaja. (ari)

  Setelah Bule, Giliran Oknum Karyawati Hotel Diarak Keliling Gili Trawangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here