Blangko Terbatas, Puluhan Ribu Masyarakat Antre Buat E-KTP di Lotim

Selong (Suara NTB) – Puluhan ribu masyarakat di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) saat ini masih mengantre dalam membuat KTP Elektronik (E-KTP). Hal ini disebabkan jumlah blangko E-KTP yang tersedia untuk Lotim jauh berbeda dengan jumlah permintaan yang ada. Bahkan di Dinas Dukcapil antrean panjang terjadi pada pengurusan E-KTP, karena permintaan pembuatan E-KTP dari 20 kecamatan di Lotim terus mengalir.

Dikonfirmasi di Selong, Kamis, 28 September 2016 Kepala Dinas Dukcapil Lotim, Ir. H. Sateriadi tidak memungkiri jika terjadi banyak antrean dalam pembuatan E-KTP. Hingga saat ini, katanya, tercatat lebih dari puluhan ribu permintaan jumlah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan berupa KTP ini.

Iklan

Dari puluhan ribu itu, lanjutnya, saat ini blangko yang tersisa sekitar 3.000 buah yang dalam minggu ini diperkirakan akan habis. “Kalau jumlah permintaan lebih dari 10.000. Sementara, blangko yang tersedia sekitar 3.000 buah,”sebutnya.

Terkait dengan jumlah blangko itu, Sateriadi mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena blangko bisa didapatkan apabila dijemput dan diberikan tidak sesuai yang dibutuhkan oleh daerah itu sendiri. Ironisnya, jika kuota antrean sudah terpenuhi, warga yang tak kebagian harus datang pada hari lain. Itu pun, mereka harus bersaing dengan warga lain yang juga berebut untuk mendapatkan antrean pengurusan.

Menurutnya, kurangnya ketersediaan blangko, baik diLotim ataupun di beberapa daerah lainnya di Indonesia ini disebabkan dilaksanakannya perekaman serempak yang dilakukan. Atas kondisi itu, maka tidak heran apabila banyak permintaan blangko dari beberapa daerah lainnya. “Sekarang ini sedang dilakukan perekaman serempak sehingga banyak permintaan. Ibaratnya seperti Jakarta, sedang ramai maka kemacetanpun terjadi,” ujarnya menggambarkan. (yon)