Blangko E-KTP di Kota Mataram Sudah Tidak Langka

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik atau E-KTP akhirnya bisa bernafas lega. Blangko E-KTP kini sudah tidak langka. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mendapatkan jatah 10.000 keping dari Pemerintah Pusat. Blangko E-KTP ini akan diambil oleh Dukcapil, Kamis, 13 April 2017.

“Kita disuruh ngambil tanggal 13 April untuk tahap awal,” kata Kadis Dukcapil Kota Mataram, Drs. H. Ridwan dikonfirmasi, Senin, 10 April 2017.

Iklan

Tahap berikutnya, Pemerintah Pusat dalam hal ini Dirjen Adminduk menyerahkan ke provinsi. Kekurangan selanjutnya diambil ke provinsi. Ridwan menyebutkan, jumlah dijatahkan oleh Kemendagri itu tidak cukup. Karena, kebutuhan blangko di Kota Mataram mencapai 11 ribu keping.

Namun demikian, akan diprioritaskan bagi warga yang telah merekam tapi belum mencetak. Atau, warga yang belum cetak diberikan surat keterangan. “Kalau yang sudah cetak ngapain, kecuali hilang atau rusak,” ujarnya.

Menyikapi kebutuhan KTP oleh masyarakat, ia menyerahkan sepenuhnya ketersedian di Pemerintah Pusat. Pihaknya telah mengirim data. Data dikirim sebanyak 11 ribu lebih untuk kebutuhan untuk Kota Mataram.

“Nanti kalau saya butuh walaupun mungkin belum habis saya minta lagi,” imbuhnya.

Kemungkinan blangko bisa habis dalam waktu satu atau dua minggu. Tergantung antusiasme warga meminta pencetakan. Sebab, warga rata – rata menunggu pencetakan dan dikhawatirkan justru ia kelabakan melayani masyarakat.

Zakaria, warga Sekarbela mengaku bersyukur sudah tersedianya blangko. Menurutnya, KTP ini sangat penting untuk mengurus keperluan pelayanan lainnya. Selama ini, ia hanya menggunakan surat keterangan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil. “Repotnya itu kalau mati harus diperpanjang,” katanya. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here