BKKBN Bersama Mitra Kerja Gelar Sosialisasi Pengembangan Program Lini Lapangan di Kampung KB

KepalaPerwakilan BKKBN Provinsi NTB, Dr. Lalu Makripuddin saat membuka acara sekaligus membawakan materi sosialisasi.

PERWAKILAN BKKBN Provinsi NTB bersama mitra kerja Komisi IX DPR RI menggelar Sosialisasi Pengembangan Program Lini Lapangan di Kampung KB. Acara tersebut diadakan di Dusun Teluk Kombal Desa Pemenang Barat Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (15/10). Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan Kampung KB, seperti BKB, BKR, BKL dan UPPKS.

Turut serta hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Dr. Lalu Makripuddin, beserta Kabid Adpin, Samsul Anam. Selain itu, dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dra. Hj. Ermalena, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) KLU yang diwakili Sekretaris Dinas, H. Suardi serta kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Iklan

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Lalu Makripuddin dalam sambutannya mengatakan, Kampung KB keberhasilannya tergantung pada partisipasi dari lintas sektor. Kalau banyak yang berpartisipasi, maka Kampung KB akan berhasil. Di sini koordinasi antara desa dan camat sangat penting. “Harapan kami dari Kampung KB Teluk Kombal ini bebas dari perkawinan usia dini dan semua kehamilan yang ada di sini direncanakan. Agar ibu yang hamil, tidak melahirkan anak stunting atau anak yang bertubuh pendek. Karena akan berpengaruh pada perkembangan otak anak yang tidak maksimal,” harapnya.

Dia menambahkan, ada tiga pembangunan yang strategis dan menjadi prioritas dilakukan di Kampung KB, yaitu pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan kualitas sumber daya manusia. Seluruh program tersebut, kata Makripuddin, sasarannya adalah meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Sementara Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj. Ermalena, mengharapkan, masyarakat harus bangkit pasca bencana ini. konsep kegotongroyongan yang sudah berkembang di masyarakat menjadi dasar untuk membangun Kampung KB Teluk Kombal ini.

“Saya di sini gunanya untuk memperjuangkan aspirasi bapak dan ibu. Jadi beri saya data berapa penduduk yang ada di sini, berapa rumah rusak berat, sedang dan ringan. Berapa yang sudah di- SKkan,

apa masalahnya, jadi saya bisa koordinasikan dengan pihak terkait untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sementara Sekretaris DPPKBPM KLU H. Suardi, mengaku, KLU sudah mencanangkan lima Kampung KB, di setiap kecamatan ada satu Kampung KB. Minggu depan, katanya akan dicanangkan lima Kampung KB lagi se KLU. “Teluk Kombal, bangkit terus, jangan terpuruk agar kita terus maju dan berjuang,” ujarnya memberi semangat. (*)