BKD Tak Punya Perangkat CAT, Lobar Dapat Jatah 1.876 Formasi CPNS dan PPPK

Syahrudin (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Lombok Barat (Lobar) mendapatkan formasi 1700 formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah denga Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.  Rencananya penerimaan pelamar CPNS dan PPPK akan dilakukan akhir bulan ini. Namun kendala dihadapi oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan SDM (BKD dan PSDM) setempat lamaran belum memiliki perangkat CAT (Computer Assisted Test).

Kepala BKD dan PSDM Lobar Syahrudin mengatakan Lobar mendapatkan formasi CPNS dan PPPK sebanyak 1.876. “Jumlah formasi yang kita peroleh sebanyak 1876, dengan rincian Tenaga guru PPPK 1752 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 118 dan tenaga teknis 6 formasi,”sebut mantan Camat Batulayar ini, Minggu, 16 Mei 2021.

Iklan

Saat ini, pihaknya tengah mengkoordinasikan dengan pusat seperti apa sistem pelaksanaan penerimaan pelamar CPNS dan PPPK ini. Pihaknya sudah melaporkan ke sekda, perihal persiapan pelaksanaan penerimaan CPNS dan PPPK ini. Pihaknya ingin agar pelaksanaan seleksi dilaksanakan di UPT Kanreg di Mataram. Akan tetapi, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meminta agar Pemda melaksanakan secara mandiri. Hal ini berdasarkan  hasil rapat terakhir dengan pusat. “Pusat minta kita mandiri, tapi kendala kita sarana prasarana perangkat kita tidak punya, karena ini kan sistem CAT,”jelas dia.

Untuk mensiasati itu, kemungkinan pihaknya akan berupaya meminjam ke OPD lain seperti Dikbud. Hanya saja, pihaknya perlu koordinasi. Sebenarnya pihaknya ingin memiliki perangkat sendiri, Bahkan seharusnya perlu ada gedung khusus untuk pelaksanaan tes, karena penerimaan CPNS ini sendiri dilaksanakan tiap tahun. Untuk gedung ia meminta agar diberikan SKB Gunungsari, karena di sana ada gedung untuk pelatihan, ruang untuk Diklat dan sebagainya. Hanya saja Sejauh ini belum jelas.

Terkait kapan Penerimaan pelamar CPNS, pihaknya ancang-ancang agar bisa pertengahan bulan ini atau paling lambat akhir bulan ini. Pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pusat, karena sistemnya satu komando dari pusat. Penerimaan pelamar CPNS sudah dilakukan rapat koordinasi dengan BKN Regional Denpasar melalui Zoom. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional