BKD Pastikan Tak Ada Rekrutmen CPNS Pemprov NTB Tahun Ini

Mataram (suarantb.com) – Rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang hendak digelar Pemerintah Provinsi NTB dipastikan tidak ada tahun ini. Pasalnya, penganggaran untuk sekitar 4.600 CPNS yang akan direkrut tersebut masih dalam kajian Kementerian Keuangan.

“Kalau tahun ini, saya rasa ndak mungkinlah. Karena kan berkaitan dengan penganggaran dari Kementerian Keuangan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB, H. Fathurrahman, Selasa, 24 Oktober 2017.

Iklan

Fathur menjelaskan sempat dilakukan rapat koordinasi bersama seluruh provinsi di Indonesia di Bangka Belitung. Salah satu asisten deputi menyampaikan akan ada rekrutmen CPNS tahap ketiga. Hanya saja, masih menunggu karena ada tahap pengkajian oleh Menteri Keuangan.

Fathur berharap segera mendapat kabar baik mengenai seleksi CPNS tersebut. Mengingat tiap tahunnya selalu ada PNS di lingkup Pemprov NTB, sementara pengangkatan tidak pernah dilakukan.

“Karena mengingat sudah terlalu lama moratorium ini. Padahal tiap tahun ada sekitar 200 ASN kita di provinsi yang pensiun,” sebutnya.

Berdasarkan data-data yang dipaparkan, dalam skala nasional Indonesia kekurangan jutaan PNS. Sementara NTB, sesuai dengan hasil analisis beban kerja (ABK) yang ideal kuota PNS yang diajukan pada Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sejumlah 4.603 formasi CPNS.

“Kuota yang kita kirimkan kemarin kan 4.600 sekian, sesuai dengan analisis beban kerja (ABK) yang ideal yang harus ada di kita,” pungkasnya. (ros)