Bisnis Kelapa di Lotim Lesu, Harga Jual Rp1.000 Per Butir

KELAPA - Aktivitas kupas kelapa di Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji. Sekarang ini harga jual kelapa sangat rendah. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Bisnis kelapa di Lombok Timur (Lotim) sedang lesu. Harga jual kelapa saat ini Rp 1.000 per butir. Hal ini terjadi semenjak kejadian gempa bumi beberapa waktu lalu. Harga jual kelapa tidak kunjung ada pergerakan kenaikan.

Realita ini diakui Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Lotim, Assyairul Kabir. Sebelumnya harga kelapa ini sempat tembus Rp 3 ribu per biji. Namun harga di petani tampak lebih rendah. Kabir mengaku, harga kelapa yang siap jadi santan dan minyak goreng ini lebih murah dari kelapa muda. Di warung warung harga kelapa muda bisa tembus Rp 5.000 per gelas.

Iklan

Anjloknya harga kelapa ini katanya terjadi masalah nasional. Di mana banyaknya pilihan bahan baku minyak seperti sawit membuat bahan baku kelapa kalah saing. Inilah katanya dampak dari mekanisme pasar yang berlaku.

Ketatnya persaingan ini jelas berdampak besar pasa pengiriman. Di mana selama ini pengiriman kelapa dari Lotim ini banyak ke Pulau Jawa. Namun belakangan pengiriman menjadi sepi. Kelapa seperti kurang peminat.

Pemda Lotim ini tidak bisa berbuat banyak karena masalhnya secara nasional. Tidak saja di Lotim. Namun juga kabupaten lain seperti di Kabupaten Lombok Utara. Menurutnya masalah harga ini selain mekanisme pasar juga tergantung kebijakan pemerintah pusat.

Diakui produksi kelapa di Lotim cukup besar. Seperti pengiriman dari Desa Korleko Kecamatan Labuhan Haji dalam sehari bisa tembus 20 ribu butir per hari dalam keadaan normal. Namun karena kondisi lesu membuat tidak banyak. Sementara pemerintah hanya bisa membantu pada aspek pengadaan bibit. Pengadaan bibit kelapa diberikan kepada kelompok petani pekebun sebanyak 3.000 butir per kelompok.

Pihaknya mengharapkan bisnis kelapa ini kembali bisa normal, sehingga bisa menggairahkan para petani pekebun untuk memelihara kelapanya. Pasalnya, produksi kelapa Lotim ini disebut sangat baik. Sangat cocok untuk dijadikan bibibit. Kelapanya tebal dan bisa menghasilkan banyak minyak dan santan. (rus)