Bima Dibantu Mesin PCR

Nurhandini Eka Dewi (Suara NTB/dok)

Setelah menunggu cukup lama sejak 2020 lalu, Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akhirnya memberikan bantuan alat mesin PCR untuk Bima. Dengan adanya mesin PCR tersebut, maka pemeriksaan sampel Covid-19 untuk wilayah Bima, Kota Bima dan Dompu bisa lebih cepat untuk mendeteksi orang yang positif Covid-19 atau tidak.

‘’Kemarin dapat kabar, bantuan mesin PCR untuk Bima akan dikirim. Kita menunggu minggu ini, sehingga RSUD Kota Bima sudah ada PCR-nya,’’ kata Asisten III Setda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., dikonfirmasi di Kantor Gubernur, pekan kemarin.

Iklan

Eka mengatakan, BNPB sudah memberikan kabar bahwa bantuan mesin PCR tersebut akan segera dikirim. Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan RSUD Kota Bima, jika alatnya sudah dikirim agar segera menginformasikan ke provinsi.

Mengenai kapasitas mesin PCR, biasanya, kata mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB ini, untuk mesin PCR bantuan BNPB kapasitasnya sekitar 50 sampel per hari. Sementara kapasitas mesin yang dimiliki Pemprov NTB di RSUD NTB, sebanyak 96 sampel per hari. Karena mesin PCR tersebut dibeli sendiri oleh Pemprov NTB.

Permintaan bantuan mesin PCR untuk wilayah Bima disampaikan Pemprov NTB dalam rapat koordinasi evaluasi penanganan Covid-19 yang dipimpin Ketua Satgas Covid-19 Nasional, Doni Monardo di KEK Mandalika, 13 November 2020 lalu. Hasil pemeriksaan spesimen Covid-19 harus menunggu waktu cukup lama karena dilakukan sampel dibawa ke Laboratorium yang berada di Science Techno Park (STP) Sumbawa.

Diketahui, saat ini ada rujuh laboratorium PCR di NTB. Yaitu, Laboratorium PCR RSUD NTB, RS Unram, STP Sumbawa, Laboratorium Litbangkes, RSUD Kota Mataram, RSUD Selong dan Prodia. Selain itu, ada 8 Laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM). Yaitu, Laboratorium TCM RSUD NTB, RSUD Kota Mataram, RSUD Manambai, RSUD Selong, RSUD Dompu, RSUD Praya, RSUD Gerung dan RSUD Bima. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional