Bikin Website, Mahasiswa KKN Unram Jadikan Mamben Baru Desa Berbasis Digital

Mahasiswa KKN Unram bersama Pokdarwis Mamben Baru dalam kegiatan camping ground.(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) Desa Mamben Baru, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur 2021 merancang sebuah website dengan alamat www.desamambenbaru.web.id yang diperuntukan sebagai wadah untuk memperkenalkan daerah wisata desa.

Selain sebagai wadah promosi daerah wisata, inisiatif merancang website juga dilakukan untuk mengembangkan dan memperkenalkan berbagai potensi Desa Mamben Baru lainnya, salah satunya Tikar Pandan (tikar khas Desa Mamben Baru).

Iklan

“Selain Tikar Pandan, dari segi pertanian, Mamben Baru juga salah satu desa penghasil tomat. Bahkan, dari beberapa obrolan saya sama warga setempat, penjualan tomat di sana bisa sampai Rp20 juta. Jadi, sayang sekali kalau potensi seperti ini kurang mendapat promosi,” ujar Lalu Muhammad Iqbal Herdianto selaku Ketua KKN Desa Mamben Baru 2021.

Salah satu langkah awal promosi potensi Desa Mamben Baru melalui website, mahasiswa KKN Unram melangsungkan program camping ground di area wisata Kebun Telaga, Dusun Orong Rante. Kegiatan yang berlangsung pada 9-10 Juli 2021 ini juga dihadiri remaja Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Ahmad Mulyadi selaku Sekretaris desa.

Selama camping ground, mahasiswa KKN bersama Pokdarwis melakukan riset area wisata serta diskusi terkait pengembangan wisata Kebun Telaga untuk menarik minat wisatawan, baik lokal maupun asing.

Pihak desa Mamben Baru berencana membangun beberapa area rekreasi dan perbelanjaan di sekitar area wisata Kebun Telaga. Selain itu, setiap wisatawan yang berkunjung akan disediakan tikar pandan khas Mamben Baru sebagai alas duduk sembari menikmati pemadangan alam. Selanjutnya, mahasiswa KKN akan turut membantu promosi melalui website yang telah dikembangkan.

Namun, pihak Desa Mamben Baru mengakui rencana tersebut membutuhkan uluran tangan pemerintah. Proyek menjadikan Kebun Telaga sebagai area wisata memerlukan biaya yang tidak sedikit. (r)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional