Biaya Pemeriksaan Kehamilan Ditanggung JKN-KIS

Ilustrasi kartu JKN-KIS. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Setiap memeriksakan kehamilan, saya selalu membawa dan menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), prosedur administrasinya tidak ribet sama sekali.

‘’Cukup ikuti proses yang ada dari daftar di loket hingga pemeriksaan dan yang terpenting saya tidak ada dikenakan biaya sama sekali,’’ ujar Ming Mardiati (29), warga  Lombok Tengah.

Iklan

Menurutnya, kehadiran program JKN-KIS memberikan angin segar bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, sejak diselenggarakannya Program JKN-KIS, banyak masyarakat yang mengaku tidak khawatir lagi akan biaya pelayanan kesehatan ketika akan berobat.

Ming menceritakan pengalamannya menggunakan JKN-KIS. Dirinya sangat bersyukur karena telah tergabung dan menjadi bagian dari program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. ‘’Hari ini (kemarin, red) saya akan memeriksakan kehamilan saya di puskesmas,” ujar Ming.

Ming mengaku, ini adalah kehamilan ketiganya. Setiap memeriksakan kehamilannya, Ming selalu menggunakan JKN-KIS.

“Setiap memeriksa kehamilan saya selalu membawa dan menggunakan kartu JKN – KIS, allhamdulillah prosedur administrasinya tidak ribet sama sekali, cukup ikuti proses yang ada dari daftar di loket hingga pemeriksaan, dan yang terpenting saya tidak ada dikenakan biaya sama sekali,” ujar Ming.

Selain itu, dari proses pendaftaran hingga pemeriksaan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), tidak ada dikenakan biaya sama sekali selama mendapatkan pelayanan, sehingga ia sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN – KIS. Untuk itu, Ming mengharapkan kepada Program JKN – KIS agar program ini selalu ada, karena sangat membantu di saat membutuhkan pelayanan kesehatan seperti yang ia rasakan.

Sementara di cakupan kepesertaan program JKN-KIS di Kabupaten Lombok Tengah sampai dengan 1 Oktober 2021 sebanyak 640.457 jiwa (60,48 persen) dari total penduduk sebanyak 1.059.042 jiwa dan jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah adalah 49 FKTP dan jumlah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kabupaten Lombok Tengah adalah 3 rumah sakit. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional