Besok, Zohri Tampil di 100 Meter Atletik Olimpiade 2021

Lalu Muhammad Zohri. (ant/bali post)

Mataram (Suara NTB) – Atlet asal NTB, Lalu Muhammad Zohri akan menjadi salah satu andalan tim Indonesia di pertandingan cabang olahraga  atletik Olimpiade Tokyo tahun 2021. Atlet asal Kabupaten Lombok Utara (KLU) itu  dijadwalkan akan turun di nomor 100 meter  cabang olahraga atletik yang akan berlangsung di Tokyo Jepang, Sabtu, 31 Juli 2021.

Pelatih Pelatnas Atletik asal NTB, Arya Yuniwan yang dihubungi Suara NTB  via ponselnya, Kamis, 29 Juli 2021 membenarkan bila  Lalu Muhammad Zohri akan berlaga di Olimpiade Tokyo tahun 2021. Pasalnya Indonesia telah mengirim dua atlet di ajang multi event olahraga level dunia tersebut.

Iklan

“Zohri sudah berangkat mengikuti Olimpiade Tokyo. Indonesia mengirim dua atlet mengikuti nomor lari jarak pendek,” ucapnya.

Menurut Arya, tim merah putih mengirim dua atlet terbaiknya dari cabang olahraga atletik. Kedua atlet tersebut terdiri dari atlet putra, Lalu Muhammad Zohri dan atlet putri, Alvin Tehupeiory. Keduanya bakal mengikuti nomor 100 meter putra.

Kedua atlet tersebut sudah sampai di Tokyo, Jepang sejak tanggal 25 Juli lalu. Informasinya Zohri dan Alvin adalah kloter terakhir dari kontingen Indonesia yang berangkat ke Jepang. Selanjutnya kedua atlet tersebut dijadwalkan akan turun di nomor 100 meter atlet yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang 30-31 Juli 2021.  Alvin tampil lebih dulu di nomor 100 meter putri, Jumat, 30 Juli 2021 hari ini, sementara Zohri turun di nomor 100 meter putra, Sabtu, 31 Juli 2021.

Ditanya soal peluang medali, Arya tak berani berkomentar. Namun demikian, bila dilihat dari hasil test event Olimpiade di Jepang bulan Mei lalu bahwa peluang Lalu Muhammad Zohri untuk meraih medali bagi tim merah putih terbilang berat. Pasalnya Zohri akan berkompetisi dengan atlet-atlet  lari terbaik dari penjuru dunia.

Misalnya, saat tampil pada test event Olimpiade Tokyo bertajuk World Athletics Continental Tour Gold 2021, di Tokyo,  9 Mei 2021. Pelari asal Lombok ini  gagal bersaing dengan pelari lainnya. Zohri yang berusia 20 tahun hanya menorehkan waktu 10,45 detik. Zohri pun menempati peringkat ketujuh di laga puncak.

Ia terpaut 0,21 detik dari pelari Amerika Serikat, Justin Gatlin, yang meraih waktu tercepat di sesi final dengan raihan 10,24 detik. Sementara pada nomor lari 100 meter Olimpiade nanti, Zohri akan berkompetisi dengan favorit juara asal Amerika Serikat, Trayvon Bromell.

Meski berat, namun Arya berharap Zohri bisa membuat kejutan di event tersebut. “Mudah-mudahan Zohri bisa membawa pulang medali untuk tim Indonesia,” harapnya. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional