Berwisata ke Pantai Oi Hodo di Dompu

Mataram (Suara NTB) – Kabupetan Dompu memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi, salah satunya Pantai Oi Hodo. Pantai ini berada di  jalan utama lintas Dompu-Calabai di kaki Gunung Tambora.

Tempat wisata Oi Hodo dapat ditempuh selama tiga jam dari Kota Bima menggunakan kendaraan bermotor dan dari Kabupaten Dompu hanya satu jam dengan melintasi akses jalan yang baik. Keunikan pantai ini yaitu terdapat mata air tawar yang ada di dekatnya.

Iklan

Pantai Oi Hodo juga menjadi salah satu tempat persinggahan bagi setiap orang yang akan ke Gunung Tambora. Sehingga tidak heran jika pantai ini sudah dikenal. Terutama di kalangan pendaki. Meski demikian, banyak pula wisatawan lokal yang berkunjung ke pantai ini. Hanya saja belum ada fasilitas pendukung yang menunjang kenyamanan wisatawan.

“Kalau suasana memang cocok untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman. Karena memang pantainya itu bagus dan ada mata air tawar juga di sana,” kata warga Dompu Muhaemin, Senin, 20 November 2017.

Ia mengatakan bahwa selama ini wisatawan lokal sudah banyak yang berkunjung. Pemda setempat belum mengelola pantai ini sebagai destinasi wisata yang dapat diandalkan. Padahal lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Tambora bisa saja menjadi nilai jual.

Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam dengan area yang luas dan panjang. Lokasinya juga sangat pas untuk mengambil gambar atau melakukan swafoto. Beragam aktivitas dapat dilakukan di pantai ini. Termasuk berenang hingga memancing. Banyak wisatawan yang membawa kail dari rumah untuk bisa menikmati sensasi memancing di pantai ini.

“Memang banyak yang bawa pancing. Jadi kalau ibu-ibu dan anak-anak main air, kalau bapak-bapak ya mancing,” ujarnya.

Pantai ini terletak di Desa Oi Hodo, Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Wisatawan juga akan menjumpai banyak kerbau di sekitar pantai. Karena pemiliknya kadang melewati pantai itu untuk kembali ke rumahnya.

“Di Pantai Oi Hodo memang banyak yang beternak kerbau. Jadi jangan heran kalau datang, wisatawan akan menjumpai banyak kerbau. Itu juga bisa dijadikan spot foto bagi wisatawan yang suka spot foto unik,” ujarnya. (lin)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional