Berubah, Mekanisme Penyaluran Dana BOS

H. M. Ali Fikri (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Petunjuk Teknis BOP Raudlatul Atfhal (RA) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) madrasah Tahun 2021 secara resmi telah diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6572 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan BOP RA dan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021.

Dengan diterbitkannya Petunjuk Teknis BOS Madrasah pada Tahun 2021 ini, diharapkan dapat dijadikan pedoman oleh madrasah di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia di tingkat RA, MI, MTs, dan MA pada Tahun Anggaran 2021. ‘’Berkaitan dengan hal itu, sosialisasi kebijakan penyaluran BOP RA dan BOS madrasah Tahun 2021 gencar dilakukan Kemenag NTB,’’ terang Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag NTB, H.M. Ali Fikri, S.Ag., M.M., saat dihubungi, Jumat, 5 Maret 2021.

Iklan

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Juknis Pengelolaan BOP RA dan BOS madrasah Tahun Anggaran 2021 yang dapat digunakan sebagai pedoman kepada tim pengelola BOS madrasah.

Tim pengelola lanjutnya, perlu mengetahui di dalam menyusun, menggunakan, mengawasi, melaporkan dan mempertanggungjawabkan dana bantuan operasional tersebut. Apalagi saat ini proses tahapan kegiatan percepatan penyaluran dana BOP RA dan BOS madrasah Tahun Anggaran sedang berjalan.

Selain itu menurut Ali Fikri, pencairan dana BOS dilakukan lewat bank. Penyaluran BOS madrasah swasta terpusat oleh Ditjen Pendidikan Islam, melalui mekanisme bank penyalur. Skema penyaluran dana BOS madrasah swasta tersebut berlaku untuk MI, MTs, MA dan MA Kejuruan (MAK).

“Jadi penyaluran dana BOS madrasah swasta tidak lagi dilakukan melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, seperti yang berlaku sebelumnya. Perubahan mekanisme tersebut diharapkan mampu mempercepat realisasi dan serapan anggaran, serta pendayagunaan BOS di satuan pendidikan,” tambah Ali Fikri lagi.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Bidang Pendidikan Madrasah, Farid Imran Muslim, sebagai Penanggung Jawab Teknis Tim Pengelola BOP dan BOS Provinsi menyampaikan paparan teknis terkait tahapan-tahapan kegiatan percepatan penyaluran dana BOP RA dan BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021 Tahap I.

“Tahapan persiapan penyaluran sudah di mulai dan targetnya dana BOS madrasah swasta tahap I diharapkan dapat dicairkan paling lambat 11-31 Maret 2021, setelah madrasah melengkapi syarat yang ditetapkan,” kata Farid.

Dijelaskan pula, bagi pengelola madrasah swasta dapat berkonsultasi mengenai pengelolaan dana BOS Madrasah 2021 lewat sejumlah saluran resmi yang sudah disiapkan oleh Kemenag RI. Sejumlah saluran online yang bisa dihubungi untuk berkonsultasi mengenai pengelolaan dana BOS Madrasah 2021 sesuai pengumuman resmi dari Kemenag. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional