Bertindak Curang, Petugas KPPS Dapat Diproses Hukum

Selong (Suara NTB) – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB dan Bupati/Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim) periode 2018-2023 sudah dilantik. KPU Lotim menekankan supaya petugas KPPS menjaga integritas dan profesionalitas.

‘’Apabila ditemukan petugas KPPS bertindak curang, maka yang bersangkutan dapat diproses hukum sebagaimana aturan yang berlaku,’’ tegas Ketua KPU Lotim Muhammad Saleh, Ahad, 3 Juni 2018.

Iklan

Diakuinya, kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi itu tidak terlepas dari peran KPPS yang bertugas di 2.017 TPS. Untuk itu, bila ditemukan petugas KPPS yang bekerja dengan tidak mengedepankan integritas, pihaknya siap memberikan sanksi pada petugas KPPS yang bersangkutan.   “Tentu ada sanksi yang diterima bagi petugas KPPS yang bersikap curang, bahkan bisa mengarah pada proses hukum,” tegasnya.

Selain itu, ujarnya, petugas KPPS juga harus terbebas dari narkoba, tidak pernah dipenjara serta sehat jasmani dan rohani.  Termasuk terbebas dari unsur partai agar dalam melaksanakan tugasnya tetap netral. (yon)